Yuk Lebih Mengenal Kelebihan Yen, Mata Uang Jepang

Negara yang sering disebut dengan negara Sakura ini juga memiliki mata uang resmi yang disebut dengan Yen. Mata uang Jepang ini secara resmi ditetapkan sejak 27 Juni 1871 berdasarkan Shinka Jorei yakni peraturan pemerintahan tentang mata uang baru. Dalam perdagangan dunia, Yen ini salah satu dari mata uang di dunia yang paling banyak digunakan seperti dollar Amerika dan euro di Uni Eropa. Lebih jelasnya, akan diulas kelebihan dari mata uang satu ini.

Kelebihan Mata Uang Yen yang Harus Anda Tahu

  1. Mudah Dikenali Untuk Tuna Netra

Mata uang Jepang ini hanya memiliki sedikit jenis pecahan saja, yakni terdiri dari 4 pecahan. Selain itu, semua mata uang di Jepang juga dilengkapi dengan blind code yang sangat berguna bagi orang penyandang tuna netra. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah untuk mengenali nominalnya dengan cara meraba. Hal ini ditandai dengan tiga bulatan untuk 2000 Yen, satu tanda bulat untuk 5000 Yen, tanda garis untuk 1000 Yen dan garis siku untuk 10 ribu Yen.

  1. Uang Ini Hampir Selalu Dalam Keadaan Rapi

Bagi anda yang baru saja berada di Jepang pasti akan selalu menduga bahwa mata uang Jepang hampir selalu tampak baru. Hal ini dikarenakan bank sentral Jepang selalu memberlakukan sebuah aturan yang disebut dengan clean money policy. Sehingga tidak akan ditemukan uang kertas yang memiliki coretan-coretan di dalamnya.  Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuat uang juga dari bahan yang berkualitas sehingga tidak mudah rusak.

  1. Menyediakan Kemblian Dalam Jumlah cukup

Jika anda berbelanja pada toko di negara Jepang, pastinya akan selalu menerima kembalian uang dalam jumlah yang tepat, tidak seperti di negara kita yang terkadang dikembalikan dalam jumlah permen. Hal tersebut dikarenakan jika sebuah toko di Jepang tidak menyediakan stok kembalian uang receh dalam jumlah yang cukup, maka bisa dianggap jika orang tersebut tidak berniat untuk berjualan.

Selain itu, mata uang di negara ini memiliki desain dan warna yang hampir sama setiap tahunnya. Sehingga negara Jepang dapat tergolong  jarang untuk membuat model mata uang yang baru. Hal itu terlihat pecahan uang yang berlaku sekarang telah berlaku sejak tahun 2004.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *