Yuk Kenali 5 Macam Rumah Adat Riau Yang Anda Harus Tahu

Rumah adat melayu memiliki banyak sekali bentuk dan juga keunikanya. Beragam rumah riau ini memiliki banyak sekali fungsi seperti dijadikan tempat tinggal atau juga bangunan bersama untuk kepentignan masyarakatnya. Banyak filosofi dibalik pembuatan rumah di riau mulai dari pembuatan interior dan juga penempatan gambar. Hampir semua interio rumah memiliki filosoi agama dalam pembuatanya. Nah untuk itu yuk simak berbagai macam rumah adat riau berikut.

 

Beragam Bentuk Rumah Adat Daerah Riau

 

  1. Rumah Lipat Kajang

 

Salah satu jenis temat tinggal masayrakat melayu adalah lipat kajang yang keberadaanya sudah hampir punah. Rumah ini memilikki lipatan bumbung yang sedikit curma agar bisa mengalrkan air hujan ke bawah. Dingin rumah lipat kajang terbuat dari anyaman sehingga sanagt memungkinkan untuk keluar masuk rumah. Rumah adat ini memiliki konsep langsung melekata pada tanah dan tidak memiliki tiga pondasi dibawahnya.

 

  1. Rumah Saloso Jatuh Kembar

 

Bangunan adat asal melayu ini memiliki fungsi untuk musyawarah atau rapat bagi penduduk sekitar. Ciri khusus bangunan ini ialah tidak memiliki banyak ruangan atau kamar kamar seperti bangunan rumah pada umumnya. Bangunan ini hanya memiliki sekat yang memisahkan tuang tengah dan juga ruan untuk menyiapkan makanan. Masyarakat riau menyebut rumah ini Balairung Sari, Balai Pengobatan, Balai Kerpatan yang tergantung dari fungsi banguan tersebut.

 

  1. Rumah Riau Belah Bubung

 

Rumah ini memiliki ciri khas bagian atap yang terbuat dari bubung atau bamboo dengan desai terbelah dua. Biasanya bangunan in imenggunakan bahan yang berasal dari alam sehingga rumah riau ramah lingkungan. Untuk bagian tiang, gelagar, bendul, dan rusuk menggunakan bahan kkayu. Sementara itu, bagan dinding terbuat dari bahan papan dan juga atapnya terbuat dari daun nipah atau rumbia. Uniknya atap rumah belah bubung meiliki bentuk seperti pelana kuda.

 

  1. Rumah Riau Atap Limah Potong

 

Bangunan rumah adat riau atap limah potong memiliki tinggi sekitar 1,5 meter dari permukaan tanah. Dinding rumah ini terbuat dari papan yang dibagi menjadi beberapa ruangan seperti bagian teras, bagian depan, ruang belakang dan juga uang tengah. Semakin luas ruah riau atap limas potong, akan menunjukkan kekayaan sang pemilik rumah. Ciri khas rumah ini ialah memiliki atap berbentu limas yang terpotong dengan bagian atap tidak lancip.

 

  1. Rumah Adat Atap Lontik

 

Beberapa masyarakat akan menyebut rumah ini dengan sebutan rumah lancing karena memiliki atap yang runcing. Atap rumah satu ini memiliki bentuk atap yang mirip seperti tanduk kerbau. Masyarakat menilai rumah riau ini terinsprasi dari rumah adat daerah Minangkabau. Banguanan ini juga memiliki folosif agama yang tinggi seperti lima tangga yang berarti lima rukun islam dan akan menghantarkan manusia untuk menuju ke surge.

 

Sudah pasti dikenali oleh masyarakat Indonesia, jika melayu memiliki rumah adat yang unik dibandingkan daerah lainya. Masih banyak lagi rumah khas daerah riau yang harus anda tahu. Anda bisa melakukan kunjungan ke daerah Riau dan melihat uniknya rumah yang ada disana. Anda bisa mencoba untuk menginap barang semalam untuk bisa menikmati sensasi tidur di rumah riau tersebut.

 

 

 

Leave a Comment