Panduan Menentukan Ukuran Poster

Mempromosikan bisnis Anda merupakan hal yang sangat penting di era kompetitif seperti sekarang. Betapa tidak, jangan harap bisnis Anda bisa dikenal orang banyak jika Anda tidak berinisiatif untuk mempromosikannya. Namun jangan salah, kegiatan promosi atau iklan tidak akan berjalan dengan lancar jika Anda gagal dalam menentukan strategi promosi yang tepat. Salah satunya yaitu dengan menentukan desain dan ukuran poster.

Ya, setelah Anda mendesain grafis dan teks pada poster, maka Anda ‘pun mesti menentukan ukuran yang paling tepat. Nah jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan menentukan ukuran poster!

unsplash.com

Mendesain dan Menentukan Ukuran Poster

Baik itu untuk promosi produk, kampanye politik, promo film, atau konser musik, poster memang dapat menjadi media komunikasi yang sangat efektif. Poster yang didesain dengan tepat dan ukurannya ‘pun tepat dapat menarik perhatian banyak orang, baik itu di ruang-ruang publik ataupun ruang-ruang privat. Sebelum kami membahas tips memilih ukuran poster, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal penting terkait desain poster. Make custom poster memang mudah, namun ada beberapa aspek yang mesti Anda perhatikan. Pastinya poster mesti terlihat colorful dan juga catchy untuk menarik rasa penasaran orang-orang.

Selain itu perlu Anda perhatikan, poster biasanya hanya dilihat sekilas oleh orang-orang. Jadi sangat penting untuk menyampaikan pesan-pesan penting saja dengan jumlah kata yang tidak terlalu panjang. Selain itu penggunaan gambar dan grafis mesti lebih mendominasi dibanding teks. Pemilihan kata-kata juga penting, pastikan untuk menggunakan kalimat yang menohok dan detail.

unsplash.com

Tips Menentukan Ukuran Poster

Terkait ukuran poster, ada banyak opsi yang bisa Anda pilih. Jadi darimana Anda mesti memulai dan bagaimana Anda mengetahui ukuran poster yang paling tepat untuk proyek promosi Anda? Tentu jika kita berbicara ukuran poster, maka patokannya adalah ukuran kertas. Untuk poster, pada umumnya ukurannya menyesuaikan dengan metrik ukuran kertas internasional (ISO 216). Nah standarisasi ukuran kertas ini terbagi menjadi dua yaitu A dan B. Untuk membantu Anda kadar ukuran dari standarisasi ukuran kertas, berikut kami sajikan daftarnya:

  • A0 841 x 1189 mm
  • A1 594 x 841 mm
  • A2 420 x 594 mm
  • A3 297 x 420 mm
  • A4 210 x 297 mm
  • A5 148 x 210 mm
  • A6 105 x 148 mm
  • A7 74 x 105 mm
  • A8 52 x 74 mm
  • A9 37 x 52 mm
  • A10 26 x 37 mm

Nah setelah Anda mengetahui standarisasi ukuran kertas, maka Anda tinggal menyesuaikannya dengan tempat dimana poster akan dipasang. Ya betul sekali, berikut ini Anda akan menemukan panduan menentukan ukuran poster berdasarkan media pemasangan poster:

  • Trotoar

Jika Anda ingin memasang poster di sekitar trotoar, maka Anda bisa memilih roll-up poster, stand up poster, atau poster standar yang ditempel di permukaan. Nah apapun jenisnya, ukuran poster yang paling tepat untuk trotoar yaitu A5, A4, dan A3.

  • Mall

Jika Anda ingin memasang poster di mall, supermarket, dan gedung indoor berukuran besar lainnya, ada baiknya menggunakan poster dengan ukuran A0 keatas.

  • Seminar

Untuk seminar, ukuran poster yang paling tepat yaitu double quad (1016 x 1524 mm), jadi ukurannya mesti besar dan bentuknya vertikal.

unsplash.com
  • Dinding

Nah jika Anda ingin memasang poster di dinding rumah, sekolah, rumah sakit, dan lainnya, maka ukuran yang paling tepat yaitu A4, A3, dan A2.

Dengan panduan di atas, Anda dapat dengan mudah menentukan ukuran poster yang paling tepat. Namun pastikan bahwa Anda memasang poster di lokasi yang tepat. Karena jika Anda memasang poster custom di lokasi yang tepat, maka Anda akan mendapatkan konversi tinggi dengan modal yang sangat minim. Poster ini bisa dipasang baik itu di indoor ataupun outdoor. Selain menentukan ukurannya, Anda ‘pun mesti fokus pada desainnya. Jika make custom poster terlalu sulit bagi Anda, maka Anda bisa menyewa jasa desain grafis. Namun hari ini banyak sekali situs yang menyediakan layanan pembuatan poster online. Lebih mudah lagi, beli di lsnconecall hehe. 😀

Nah itulah panduan menentukan ukuran poster, semoga dapat memudahkan Anda yang memang sedang bingung dalam memilih ukuran poster. Tak dapat dipungkiri bahwa poster memang alat marketing yang sangat efektif. Dengan kombinasi grafis, teks, motif, dan lainnya, Anda bisa menciptakan poster dengan desain luar biasa. Semoga bermanfaat ya!

 

Leave a Comment