Tips Menghemat Biaya Acara Khiatanan Anak

Khitanan merupakan hal yang wajib dilakukan pada anak anak laki-laki dalam ajaran agama Islam. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan. Biasanya khitanan di Indonesia dilakukan saat anak sekitar usia Sekolah Desar hingga SMP. Biasanya orang tua anak yang akan di khitanan akan mengadakan undangan atau hajatan khitanan dan saat ini pun masih menjadi kebiasaan atau tradisi masyarakat di Indonesia.

Meskipun begitu bagi orang tua tidak mudah untuk menyikan acara khitanan sang buah hati. Meskipun rumit dan terkadang membebani keuangan, kewajiban itu tak lantas ditinggalkan oleh para orang tua. Berbagai cara ditempuh oleh para orang tua untuk mengadakan acara khitanan. Tapi tenang selarastenda.com akan membagikan tips untuk menghemat biaya acara khitanan anak.

Tips Menghemat Biaya Acara Khitanan Anak

Nah ini dia tips menghemat biaya acara khitanan yang dapat menjadi pertimbangan para orang tua. Berikut tipsnya dibawah ini:

  1. Menyiapkan Tabungan

Kehidupan setelah menikah ternyata banyak hal yang harus diperhatikan lagi. Salah satunya yaitu tabungan untuk pengeluaran anak. Pendidikan anak tentunya harus masuk ke dalam rencana tabungan.

Tapi tidak hanya untuk tabungan pendidikan yang menjadi perhitungan, menyelenggarakan khitanan dan tradisi-tradisi lain pun harus menjadi perhitungan dalam tabungan anak. Maka dari itu ketika menyelenggarakan acara khitanan sudah ada anggarannya.

Dengan adanya anggaran yang telah direncanakan akan bermanfaat dan tidak terlalu terbebani dengan acara khitanan anak. Berbeda ketika tidak menyiapkan anggaran dan tahu-tahu harus menyiapkan dana secara mendadak untuk khitanan anak. Dengan adanya anggaran maka tak perlu berutang untuk biata acara tersebut.

  1. Kurangi Tamu

Ada baiknya fokus saja pada proses khitanan bukan pada tamu undangan. Maka dari itu anggaran untuk tamu bisa dikurangi dan bisa untuk menambahkan untuk anggaran menggelar upacara, misalnya untuk menyewa baju adat dan membeli peralatan upacara.

Karena pada dasarnya acara khitanan relatif tidak memerlukan undangan yang banyak, tamu bisa dibatasi hanya untuk keluarga saja, tetangga di lingkungan RT, serta teman dekat. Ketika mengurangi tamu, maka pengeluaran pun akan berkurang.

  1. Konsep Acara

Banyak sekali konsep acara untuk khitanan, tapi tetap ingat konsep acara yang harus dipilih harus sesuai dengan bujet anggaran yang dimiliki. Tak perlu berlebihan yang justru akan memberatkan dalam mencari biaya yang dikeluarkan. Alangkah baiknya susun konsep sendiri. Serta tidak lupa untuk memasukkan doa bersama pada konsep acara dan susunan yang dibuat.

  1. Cari Paket

Supaya pengelurana lebih hemat bisa menggunakan jasa khitanan anak yang paketan. Paket tersebut sudah termasuk meja-kursi, baju adat, katering, dan dekorasi. Daripada mencari sendiri paketan tentunya lebih murah dan tidak perlu lagi pusing lagi mencari jasa tersebut satu-satu. Bahkan ada pula yang sudah dengan jasa foto plus video dalam satu paket.

  1. Konsumsi

Dalam sebuah acara sukuran tentunya tidak lepas dari makan-makan. Pastinya harus ada dong biaya konsumsinya, bisa dengan memasak sendiri atau bisa lewat katering. Supaya tidak terjadi kekuarangan alangkah lebih baiknya jumlah konsumsi sedikit dilebihkan dari jumlah tamu undangan. Karena ada kemungkinan tamu yang diundang akan membawa pasangan atau anaknya. Untuk perhitungannya jumlah makanan bisa dikalikan tiga jumlah porsi makanan yang akan disediakan denga jumlah tamu. Misalnya apabila mengundang 50 orang maka sebaiknya persiapkan 150 porsi untuk hidangan konsumsinya.

  1. Sederhana Saja

Ketika fokus utama dalam tradisi maka kemewahan rasanya tidak perlu ditunjukkan lagi. Tunjukkan tradisi yang sesuai dengan ketentuan. Misalnya kesederhanaanya dalam menyewa baju adat tidak perlu yang mahal terpenting layak dipakai dan nyaman dikenakannya. Dekorasi pun secukupnya saja yang terpenting enak ketika dilihat dan nyaman. Dan untuk lebih menghemat lagi gunakan saja rumah sebagai tempat acara khitanan daripada menyewa gedung, sewa tenda pun jika perlu yang biasa saja.

Lebih baik menjalankan acara khitanan sesuai dengan sederhana daripada bermewah-mewah tapi menyimpang adat. Ketika menggelar acara khitanan secara sederhana secara tidak langsung mengajarkan aak untuk hidup sederhana dan rendah hati.

  1. Do it Yourself

Tips selanjutnya do it yourself yaitu melakukan semuanya sendiri maka akan lebih menghemat biaya khitanan anak. Caranya dengan mengerahkan seluruh anggota keluarga besar untuk membantu persiapan acara khitanan. Selain itu bisa juga meminta bantuan dari para tetangga.

Untuk bagian memasak makanan dan mendekorasi tempat penyelenggaraan bisa dilakukan sendiri dan bantuan para saudara serta tetangga. Maka harus dibentuk panitia untuk mengurusi hal tersebut. Ketika semua dilakukan sendiri maka akan lebih menghemat uang pengeluaran. Uang jasa fotografer pun bisa dipangkas yaitu dengan meminta bantuan sanak saudara untuk menjadi fotografer dadakan dengan hanya menggunakan kamera pocket atau bisa menggunakan kamera handpjone saja.

Nah itu dia beberapa tips menghemat acara khitanan anak. Acara khitanan selain telah diatur oleh agama juga merupakan bagian dari tradisi masyarakat Indonesia. Supaya tidak mengganggu dan menjadi beban kondisi keluarga dengan biaya acara khitanan yang besar, maka tips-tips diatas bisa dipraktikan.

 

 

 

 

Leave a Comment