Tips Memilih Botol Plastik yang Aman dan Awet

Penggunaan botol plastik semakin marak di kalangan masyarakat terutama kaum milenial. Botol ini biasa digunakan untuk keperluan pribadi sebagai tumbler yang dibawa kemana-mana sehingga lebih praktis. Sedangkan di beberapa tempat, botol plastik juga biasa digunakan untuk kemasan minuman kopi dan lainnya yang sedang tren saat ini.

Inilah Tips Memilih Botol Plastik

Botol plastik memang praktis dan mudah dibawa kemana-mana, namun Anda tetap harus memperhatikan dari segi kualitasnya. Karena beberapa botol minuman yang dijual di pasaran ternyata tidak semuanya aman. Beberapa jenis botol plastik justru memiliki risiko yang cukup tinggi pada kesehatan karena adanya kandungan bahan kimia yang berbahaya.

Oleh karena itu, penting sekali memilih botol plastik yang aman dipakai dan juga tahan lama atau awet. Berikut ini tips memilih botol plastik, antara lain:

pxhere.com
  1. Perhatikan Bahan yang Digunakan

Botol minuman itu sendiri terbuat dari bahan yang beragam seperti plastik, aluminium, polycarbonate, stainless steel, kaca dan lainnya. Bahan-bahan tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Selain itu kualitas produksi juga berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Misalnya seperti botol aluminium/stainless steel yang biasa digunakan untuk menyimpan air panas karena lebih tahan panas daripada bahan lain. Sedangkan botol plastik biasanya digunakan untuk air minum atau beberapa juga digunakan pada produksi minuman kemasan.

  1. Perhatikan Tanda pada Botol

Untuk melihat apakah botol yang akan Anda beli sudah sesuai standar dan aman bagi kesehatan, bisa dicek tandanya. Di beberapa botol plastik biasanya tanda ini bermacam-macam bentuknya. Umumnya, tanda pada botol berbentuk segitiga dengan keterangan nomor di dalamnya dan keterangan bahan di bawahnya.

Botol yang cukup aman digunakan beberapa kali yaitu yang bernomor 1, 2 dan 4. Sedangkan yang paling aman digunakan dalam jangka waktu yang lama yaitu yang bernomor 5. Jangan terlalu sering menggunakan botol plastik berlabel nomor 3, 6 dan 7 karena dinilai cukup berbahaya bagi kesehatan.

  1. Pilih Botol yang BPA Free

Selain memperhatikan label nomor, Anda juga perlu melihat keterangan BPA free pada botol. Dengan adanya keterangan BPA free, artinya botol tersebut bebas dari bahan BPA dan cukup aman untuk kesehatan.

BPA atau Bisphenol A adalah bahan kimia yang cukup sering digunakan untuk kemasan minuman dan makanan. Namun, bahan ini cukup berbahaya dan memberikan efek samping negatif seperti cacat lahir, masalah otak kanker, sistem saraf dan lainnya.

pxhere.com
  1. Pilih Botol dengan Lingkaran Leher Lebar

Meski terdengar sepele, memilih leher botol yang lebar merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan Anda. Hal ini karena leher botol sangat berkaitan dengan proses mencuci dan membersihkan botol tersebut.

Leher botol yang cukup lebar akan mempermudah proses mencuci dan bisa membersihkan sampai ke dasar botol. Berbeda dengan leher botol yang kecil, karena akan lebih susah dibersihkan dan menyebabkan kotoran menempel. Akibatnya, botol tersebut rentan ditumbuhi lumut, jamur, bakteri dan lain sebagainya.

Produsen Botol Plastik Aman

Botolista adalah salah satu produsen botol plastik dengan berbagai macam model dan bentuk yang unik dan menarik. Beberapa jenis botol ini bisa Anda pesan secara online melalui situs Botolista dan bisa dipesan dengan jumlah minimal 30 pcs. Botol plastik ini terjamin aman karena berbahan PET food grade dan BPA free. Jadi, bisa dipastikan aman untuk kesehatan Anda dan bisa digunakan beberapa kali.

Model dan ukuran botolnya pun bermacam-macam. Meski hampir semua jenis botolnya berwarna bening, tutup botolnya menyediakan beragam pilihan warna yang bisa dipesan sesuai permintaan.  Berikut ini adalah beberapa macam produk botol plastik tersebut, antara lain:

pxhere.com
  • Botol Plastik Jelly dengan kapasitas 100 ml
  • Botol Plastik Cery dengan kapasitas 250 ml
  • Botol Plastik Milky dengan kapasitas 250 ml
  • Botol Plastik Soya dengan kapasitas 300 ml
  • Botol Plastik Bohlam SN dengan kapasitas 300 ml
  • Botol Plastik Almond dengan kapasitas 250 ml
  • Botol Plastik Ulir dengan kapasitas 200 ml
  • Botol Plastik Cabe SN dengan kapasitas 200 ml

Itulah beragam bentuk atau model botol dari produsen tersebut. Harganya pun murah dan cukup bersaing yaitu berkisar antara 700 hingga 1.500 rupiah. Untuk melakukan pemesanan Anda juga bisa langsung melalui situs atau website nya yang sekaligus sebagai e-commerce. Di pojok kanan bawah juga tersedia layanan chat sehingga jika ada yang mau ditanyakan bisa langsung menghubungi admin yang bersangkutan.

 

 

Leave a Comment