Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Memasuki dunia kerja, harus dipersiapkan dengan baik. Salah satunya menyiapkan dokumen kerja seperti surat lamaran. Meski sederhana, surat satu ini sangat penting bagi pencari kerja sebagai salah satu syarat utama yang wajib dipenuhi untuk melamar pekerjaan.

Kalian para pencari kerja pasti sudah tidak asing lagi dsn sudah terbiasa membuatnya ya.

Surat lamaran kerja biasanya ditulis tangan dengan menggunakan kertas folio bergaris dan bisa juga dibuat dengan diketik menggunakan microsoft word di laptop maupun PC, diprint menggunakan kertas HVS.

Umumnya surat lamaran kerja terbagi menjadi dua. yakni yang terpisah dengan daftar riwayat hidup (CV/Curriculum vitae) dan yang langsung digabung dengan CV. biasanya, banyak yang menggunakan surat lamaran kerja secara terpisah, agar pencari kerja bisa memberikan informasi lebih detail kepada perusahaan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Artikel kali ini membahas tentang surat lamaran kerja tulis tangan. Sama seperti surat lamaran kerja diketik dengan laptop, pada surat lamaran kerja tulis tangan berisi pembuka, isi dan bagian penutup. Bedanya, yakni pada medianya saja, menggunakan kertas folio bergaris dan ditulis tangan.

Bagian pembuka surat lamaran kerja Tulis Tangan

Pada bagian pembuka surat biasanya memuat informasi tentang surat dan maksud/ tujuan dari pengiriman surat tersebut. Berikut ini isi pembuka surat lamaran kerja tulis tangan :

Judul : Ketika akan membuat membuat judul untuk surat lamaran kerja tulis tangan, maka harus menggunakan huruf besar, tujuan dari penulisan ini adalah agar dapat terbaca secara jelas. Jangan lupa juga sertakan informasi seperti tanggal dan tempat surat lamaran kerja dibuat. Ini adalah penulisan yang wajib seperti membuat surat resmi pada umumnya.

Tujuan surat: Di bagian ini, biasanya berisi informasi kepada siapa surat ditujukan. Bisa ke HRD, nama perusahaan atau divisi lain. Seperti ini contohnya :

Jakarta, 19 November 2019

SURAT LAMARAN KERJA

Kepada Yth.

PT.Atlantik Nusantara

Jl. Sunan Gripit, Kabupaten Banjarnegara

Isi surat lamaran Kerja Tulis Tangan

Pada isi surat lamaran kerja tulis tangan, biasanya diisi dengan informasi seperti salam pembuka, informasi tentang darimana pelamar mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut dsn berisi informasi biodata diri pelamar (nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan, nomor telpon bisa juga ditambahkan email.

Sertakan juga informasi pengalaman kerja pelamar kerja secara singkat, skill atau keterampilan yang dikuasai serta informasi dokumen pendukung apa saja yang pelamar lampirkan pada surat lamaran kerja.

pexels.com

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut ini contoh surat lamaran kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Dengan hormat, berdasarkan informasi yang saya peroleh dari koran Radar Banyumas pada tanggal 17 November 2019, PT. Atlantik Nusantara sedang membuka lowongan kerja.

 

Maka saya mengajukan surat lamaran untuk menjadi digital marketing officer di PT. Atlantik Nusantara.

 

Berikut data diri saya:

Nama : Dedi Lukman

Tempat dan Tanggal Lahir: Banjarnegara, 20 Februari 1991

Alamat : Jl. Karangkobar No.14 Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara.

Pendidikan Akhir : S1 di

Universitas Amikom Purwokerto

Status Perkawinan :Sudah menikah

Nomor Telepon : 021112626

e-mail : [email protected]

Saat ini saya dalam kondisi kesehatan baik dan siap bekerja. Saya menguasai bahasa Indonesia dan bahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tertulis.

Saya lulus dengan predikat cumlaude di Universitas Amikom Purwokerto.

Saya menguasai teknik SEO, SEM dan mampu mengoperasikan WordPress serta berpengalaman sebagai media spesialis di beberapa perusahaan advertising di Purwokerto.

Berikut saya melampirkan beberapa dokumen untuk bahan pertimbangan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi ijazah S-1 dan transkrip nilai
  3. Fotokopi sertifikat kursus/pelatihan
  4. Fotokopi sertifikat penghargaan
  5. Pas foto 3×4 terbaru

Besar harapan saya untuk dapat bergabung dengan perusahaan yang bapak/ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan data yang sebenar benarnya, atas perhatian Bapak/Ibu pemilik atau HRD saya ucapkan terima kasih.

Itulah tadi salah satu contoh surat lamaran kerja yang ditulis tangan dengan struktur penulisan lamaran kerja yang baik dan benar. Pelamar mengisi kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan atau lowongan secara singkat.

Bagian Penutup

Di bagian penutup surat, pelamar mencantumkan tanda tangan dan nama lengkap. Ini contohnya :

Hormat Saya

 

(Dedi Lukman)

pexels.com

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

  1. Sediakan kertas folio bergaris dan pulpen tinta hitam. Pastikan kertas tidak lecek atau rusak.
  2. Tulis bagian pembuka, isi dan juga bagian penutup surat lamaran dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sesuai EYD yang tepat.
  3. Tulis tanpa kesalahan tanda baca maupun urutanya harus benar. Di bagian pembuka, tulis nama perusahaan dan tujuan surat lamaran kerja.
  4. Sertakan judul dengan huruf besar. Jangan lupa untuk mencantumkan tempat dan tanggal surat lamaran kerja
  5. Jelaskan singkat pada namun informatif pada bagian isi surat mengenai biodata diri anda, serta informasi tentang pendidikan terakhir, cantumkan juga informasi pendukung lain seperti pelatihan yang pernah anda ikuti sesuai dengan posisi yang dilamar, juga kemampuan atau skill yang anda kuasai sesuai kerjaan yang anda lamar.
  6. Cantumkan kata Hormat Saya, tanda tangan dan nama lengkap di bagian akhir surat.

Nah itulah tadi cara membuat surat lamaran kerja dengn cara ditulis tangan yang sesuai dengan kriteria penulisan lamaran kerja yang baik dan benar. Mudah bukan ? Dengan membaca panduan diatas, anda sekarang sudah bisa membuatnya sendiri.  Semoga artikel ini bermanfaat.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *