Tafsir Surat Pelindung dari Fitnah Dajjal

Kitab suci umat Islam yang paling utama dan mengandung berbagai hal pelajaran hidup maupun pelajaran tentang agama Islam yaitu Al – Qur’an. Al – Qur’an merupakan wahyu Allah yang terakhir dan diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Terdapat 114 surat yang ada di dalam Al – Qur’an. Dalam Islam ada yang namanya dajjal yaitu sebuah makhluk yang diciptakan Allah dan diberi kekuatan yang luar biasa serta akan keluar di hari kiamat nanti dan akan memberikan fitnahnya kepada orang – orang yang tidak beriman kepada Allah SWT. Orang yang mendapatkan fitnah tersebut tentu akan dimasukkan ke dalam neraka. Bagi umat Islam dajjal merupakan suatu makhluk yang sangat mengerikan dan semua berlomba – lomba untuk beriman kepada Allah salah satunya untuk menghindari fitnah dajjal tersebut. Salah satu surat di dalam Al – Qur’an yang sangat berguna bagi umat manusia yaitu surat pelindung dajjal atau sering disebut Surat Al – Kahfi. Tafsir surat tersebut sangatlah bermakna yaitu menyampaikan tentang keharusan seorang umat Islam untuk selalu beriman kepada Allah SWT dan tidak menyembah selain pada – Nya.

pixabay.com

Bagaimana Tafsir Surat Al – Kahfi?

Surat tersebut dibuka dengan pengenalan Allah yang maha suci dan maha terpuji. Seluruh langit dan bumi dibuat dan akan dihancurkan juga oleh – Nya. Sungguh segala urusan telah ada pada Allah. Segala kesucian dan kehebatan Allah tersebut dituangkan dalam sebuah kitab yang terdiri dari berbagai surat. Kitab tersebut diberikan kepada hamba kesayangannya yaitu Nabi Muhammad SAW. Kitab yang telah diturunkan tersebut sangatlah membantu manusia dari jaman kegelapan hingga menuju titik terang. Banyak sekali petunjuk yang disampaikan dalam kitab tersebut bahkan petunjuk itu sangat jelas dan nyata. Kitab tersebut merupakan sumber yang benar untuk menjadikan umat Islam tetap berada di jalan Allah dan terhindar dari siksa – Nya.

Surat tersebut telah memperingatkan orang – orang kafir menganai azab Allah yang sangat pedih. Selain itu surat tersebut juga menggembirakan orang beriman yang selalu berada di jalan Allah tentu nantinya akan mendapat pahala. Orang – orang kafir tersebut nantinya akan mendapatkan siksaan yang sangat pedih bahkan kekal di dalamnya. Namun bagi orang – orang beriman pasti akan mendapatkan pahala atas apa yang telah dilakukan selama hidup di dunia. Mereka yang selalu taat kepada Allah dan berdoa kepada – Nya kelak akan mendapatkan kebahagiaan di akhirat. Tafsir surat tersebut juga menyampaikan bahwa kitab yang telah di turunkan kepada Nabi Muhammad merupakan kitab lurus dan tidak ada yang bisa mempermasalahkan. Dalam kitab tersebut juga telah diberikan peringatan bagi orang kafir yang akan mendapatkan neraka.

pixabay.com

Di dalam Surat Al – Kahfi Allah telah memperingatkan pada orang – orang yang mengatakan bahwa Allah memiliki anak. Bahkan ada orang Yahudi maupun Nasrani yang mengatakan bahwa Allah memiliki anak perempuan yaitu Malaikat. Kata – kata yang diucapkan tersebut sangatlah buruk. Bahkan mereka telah mendakwahkan kalimat tersebut ke beberapa tempat. Kata – kata yang diucapkan tersebut tentu saja hanyalah sebuah dusta. Selain itu surat tersebut juga memberitahu kepada Muhammad bahwa tugasnya hanyalah menyampaikan wahyu yang telah diberikan. Nabi tidak perlu untuk memaksa orang – orang kafir beriman kepada Al – Qur’an. Selain itu pemberian hidayah bagi orang kafir agar beriman kepada Al – Qur’an bukan tanggungjawab nabi. Tafsir surat tersebut juga menyampaikan bahwa Allah telah menciptakan makhluk – makhluk lain selain manusia sebagai pengujinya. Terdapat syaithan dan makhluk lainnya yang akan menguji keimanan manusia. Dengan berbagai makhluk yang diciptakan tentu Allah dapat menyeleksi hamba – Nya yang paling taat.

Allah memberikan pelajaran bagi umat Islam untuk senantiasa beriman kepada – Nya karena melalui surat tersebut dituliskan bahwa pada akhir jaman bumi akan menjadi tandus dan manusia akan berakhir kehidupannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa hari kiamat itu pasti terjadi dan telah dituliskan di surat al kahfi. Selain itu telah banyak mukjizat yang Allah berikan kepada umat – Nya berupa turunnya surat – surat serta terbentuknya langit dan bumi. Pada ayat terakhir surat tersebut menyampaikan tentang seorang pemuda yang bersembunyi untuk menghindari fitnah yang tidak lain adalah fitnah dajjal. Selain itu juga memohon ampun atas segala dosa yang telah di perbuat dan meminta perlindungan dari berbagai keburukan.

pixabay.com

Bagaimana Keutamaan Surat Al – Kahfi?

Surat yang memiliki keutamaan untuk melindungi diri dari fitnah dajjal ini akan lebih baik jika dibaca setiap hari Jumat. Hak tersebut dikarenakan Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa jika seseorang membaca surat tersebut setiap hari Jumat maka akan terhindar dari fitnah dajjal. Selain itu dengan membaca surat tersebut seseorang bisa mendapatkan ridho dari Allah SWT. Dengan mendapatkan ridho tersebut maka seseorang akan hidup dengan tenang dan tentram. Orang yang rajin membaca surat tersebut juga akan diampuni dosanya oleh Allah SWT. Selain itu cahaya kebaikan juga akan ada pada diri pembacanya. Membaca Al – Qur’an merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan rajin membaca tentu hidup akan menjadi lebih tenang, damai, dan tentram.

Leave a Comment