Seperti apakah fungsi pancasila bagi kehidupan bernegara

Sebagai warga negara indonesia yang baik. Tentunya anda sudah tahu akan apa itu pancasila. Bahkan bukan hanya sekedar tahu saja, menghafal pancasila tentu juga sudah pernah anda lakukan. Namun apakah anda sudah memahami benar tentang apa itu pancasila? Atau lebih tepatnya seperti apakah fungsi pancasila bagi kehidupan bernegara? Mendengar pertanyaan tersebut tentu anda akan sedikit bingung menjawabnya. Namun terkadang tanpa anda sadari, anda sudah melakukan fungsi pancasila dalam kehidupan bernegara.

Pancasila Sebagai Dasar Negara

Salah satunya adalah dengan menaati hukum yang sudah ada baik yang tertulis maupun yang non tertulis. Mengapa demikian? Ini dikarenakan pancasila merupakan dasar hukum dari negara indonesia. Hukum yang telah dibuat tentu berdasarkan dari nilai nilai dalam pancasila. Jadi saat anda menaati hukum yang berlaku, secara tidak sadar anda telah melakukan fungsi pancasila tersebut. begitu juga sebaliknya, jika anda melanggar hukum berarti sama saja anda tak mau mentaati pancasila yang merupakan dasar negara indonesia.

Pancasila Sebagai Pandangan hidup

Fungsi kedua  pancasila dalam kehidupan bernegara adalah sebagai pandangan hidup. Ini berhubungan juga dengan asal usul dari pancasila tersebut. sebagai negara yang mempunayi keberagaman suku dan budaya. Tentu perbedaan yang ada di negara ini begitu banyak. Namun hal tersebut bukanlah hal yang negatif karena keberagaman ini membuat ide ide baru yang akhirnya di kumpulkan menjadi pancasila. Ide ide tersebut bisa anda aplikasikan dalam kehiupan bernegara saja, contohnya adalah sila ke 3 yaitu persatuan indonesia.

Meski hanya terdapat dua kata didalamnya. namun maknanya sangat dalam karena kita sebagai warga negara indonesia yang berbeda budaya dan pola pikirnya. Harus mengesampingkan pandangan masing masing untuk mengutamakan persatuan di negeri ini. Begitu juga dengan keempat sila lainnya. Menjadikan pancasila sebagai pandangan hidup dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari secara ikhlas akan membuat masyarakat yang tentram dan damai. Oleh karena itu baiknya semua warga negara indonesia sadar akan pentingnya pancasila. Pancasila bagaimanapun juga merupakan salah satu filosofi dan dasar dari Negara kita yaitu Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *