Sejarah Lahirnya Sosiologi

Sosiologi merupakan ilmu sosial yang secara bahasa berasal dari kata socius dalam bahasa Latin dan logos dalam bahasa Yunani. Socius memiliki arti bersama orang lain atau tema, sedangkan logos artiny studi atau ilmu pengetahuan. Secara singkat dapat disimpulkan bawha sosiologi merupakan ilmu yang mengkaji tentang interaksi manusia dengan manusia lainnya dalam suatu kelompok serta hasil yang ditimbulkn dari interaksi tersebut.

Sebagai ilmu pengetahuan, tentunya sosiologi tidak lahir begitu saja melainkan juga ada sejarah panjang yang menjadi latar belakang dari lahirnya ilmu sosiologi.  Dalam hal ini Anda juga bisa belajar tentang berbagai materi sosiologi dengan mengakses situs materibelajar.co.id yang menyajikan berbagai materi pengetahuan sebagai bahan belajar Anda.

Sejarah Lahirnya Sosiologi

Sosiologi lahir sebagai ilmu pengetahuan yang turut mewarnai perkembangan ilmu pengetahuan yang ada di dunia. Munculnya ilmu sosiologi tentu tidak pernah bisa lepas dari tokoh-tokoh filsafat seperti Plato dan Aristoteles. Sebelum sosiologi muncul sebagai ilmu pengetahuan, tentu para ilmu pengetahuan telah mendesain bagaimana agar sebuha ilmu pengetahuan dapat bermanfat dan memberikan kontribusi dalam masyarakat sehingga membawa kebahagiaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebelum lahirnya istilah sosiologi, sebenarnya kajian masyarakat telah diperkenalkan pada tahun 1332 hingga 1406 oleh Ibnu Khaldun yang merupakan ilmuan asal timur tengah. Dalam karyanya buku Muqaddimah, terdapat pemikiran-pemikiran sosiologis yang lebih terperinci dan sangat maju sehingga Ibnu Khaldun disebut sebagai peletak batu pertama dalam sejarah lahirnya kajian ilmu sosiologi.

Sedangkan istilah ilmu sosiologi sendiri awalnya diperkenalkan oleh serong ilmuwan yang bernama Aguste Comte yang hingga saat ini dikenal sebagai bapak Sosiologi dunia. Dalam sejarahnya Aguste Comte lebih banyak memberikan pernyataan bahwa objek dari kajian sosiologi adalah manusia dan masyarakat yang memiliki hal yang saling berkaitan secara keseluruhan.

pexels.com

Sejarah Perkembangan Ilmu Sosiologi

Sejak munculnya kajian pertama mengenai ilmu kemasyarakatan oleh Ibnu Khaldun, hingga munculnya istilah Sosiologi yang diperkenalkan oleh Aguste Comte, ilmu sosiologi terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Dalam hal ini sejerah perkembangan sosiologi akan dibedakan menjadi beberapa tahap yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Sejarah awal perkembangan sosiologi

Sosiologi muncul dan berkembang dari gejolak sosial sejak terjadinya revolusi industri dan revolusi Perancis. Adanya revolusi tersebut mengakibatkan munculnya fenomena eksploitasi pekrja anak-anak, urbanisasi, demokratis, dan lainnya. Nah karena perosalan perubahan-perubahan yang terjadi tidak mampu terjawab oleh tradisi lama, maka dicarilah sebuah metode ilmiah untuk menemukan jawaban atas persoalan tersebut. Kemudian dari situlah lahirnya sosiologi sebagai ilmu pengetahuan.

  1. Perkembangan Sosiologi pada Abad ke-19

Pada abad ke-19 terjadi Revolusi Perancis yang mengakibatkan dampak negatif terhadap perubahan sosial salah satuya adalah adanya konflik antar kelas sosial dalam masyarakat yang seolah mengarahkan pada sikap anarkisme dalam masyarakat. Atas dinamika kelompok sosial yanng terjadi di negara tersebut, maka Aguste Comte sebagai seorang cendekiawan merasa khawatir atas keadaan tersebut.

  1. Sejarah perkembangan Sosiologi di Eropa

Pada abad ke 19, terjadi konflik yang dilatarbelakangi oleh ketidak tahuan masyarakat dalam mengatasi perubahan atau hukum-hukum yang dapat digunakan untuk mengatur stabilitas masyarakat. Dari situlah kemudian Aguste Comte membuat instrumen penelitian sosial mengenai masyarakat yang perlu ditingkatkan menjadi sebuah ilmu yang berdiri sendiri. Nah dengan penelitian sosial yang berdasarkan pada metode ilmiah, maka lahirlah sosiologi sebagai ilmu pengetahuan tepatnya pada abad ke-19 dengan pendiri dan pemberi nama adalah Aguste Comte.

  1. Perkembangan Sosiologi di Indonesia

Pada awalnya ilmu sosiologi hanya dianggap sebagai pembantu untuk keperluan ilmu-ilmu pengetahuan yang lain yang berlaku di Indonesia. Namun setelah Indonesia merdeka, sosiologi mulai mengalami perkembangan yang cukup cepat. Adapun bapak sosiologi Indonesia adalah Selo Soemardjan yang membawa pengaruh sosiologi Amerikan Parsonian yang kemudian dipublikasikan melalui karyanya yang berjudul “Perubahan Sosial di Yogyakarta”. Adapun materi ilmu sosiologi pertama kali masuk pada sistem perkualiahan sosiologi pada tahun 1948 oleh Soenario Kolopaking. Perkuliahan sosiologi pertama kali di Indonesia dilaksanakan pada Akademi Ilmu Politik Yogyakarta yang saat ini berubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gajah Mada.

pexels.com
  1. Sejarah Akhir Perkembangan Sosiologi

Munculnya paradigma bahwa pembangunan di dalam perkembangan suatu negara bukan hanya diukur dari pembangunan infrastrukturnya atau pembangunan SDA saja, melainkan ada yang lebih penting yaitu pembangunan sumber daya manusia. Nah dari munculnya pardigma tersebut maka sosioligi kini menjadi sebuah ilmu pengetahuan yang dapat memberikan solusi dari berbagai permasalahan yang terjadi. Wujud dari perkembangan sosiologi adalah munculnya berbagai cabang dalam ilmu pengetahuan dalam ilmu sosiologi.

Ilmu sosiologi merupakan ilmu yang mempelajar tentang perilaku manusia sebagai makhluk sosial. Terdapat banyak sekali fungsi dari ilmu sosiologi mulai dari ilmu yang berfungsi untuk membentuk perilaku sosial manusia, ilmu yang dapat menganalisis berbagai permasalahan untuk ditemukan solusinya, sebagai penelitian sosial dan lain sebagainya. Kajian-kajian dari ilmu sosiologi juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk melakukan pemetaan terhadap perilaku suatu masyarakat atau kelompok tertentu guna membatu perencanaan sosial, sehingga perencanaan pembangunan akan lebih efektif dan terarah.

Leave a Comment