INILAH CARA SCREENSHOT DI LAPTOP ASUS YANG MUDAH

Era abad ini peran computer sebagai alat untuk memudahkan segala aktifitas pekerjaan dapat digantikan oleh perangkat yang lebih kecil yaitu laptop. Laptop menjadi sebuah perangkat yang multifungsi, selain karena bentuknya yang lebih kecil laptop memiliki kemampuan yang bisa hidup tanpa harus dialiri aliran listrik seperti computer. Meskipun juga bila daya tersebut habis maka harus dilakukan pengisian daya terhadap arus listrik.

Kemudahan inilah yang menjadikan computer sedikit ditinggalkan untuk aktifitas yang sifatnya mudah dikerjakan dengan laptop, seperti aktivitas blogging, surat menyurat maupun mengirim email. ASUS sebagai salah satu produsen terbesar di dunia juga memproduksi laptop dengan berbagai spesifikasinya, berbagai aktifitas bisa dilakukan dari laptop ASUS, termasuk mengambil gambar yang terproteksi atau tidak dapat diunduh.

CARA SCREENSHOT MENGGUNAKAN SNIPPING TOOL

Snipping tool adalah aplikasi yang sudah menjadi satu paket dalam sebuah system windows, aplikasi ini jarang diketahui oleh kebanyakan orang karena memang biasanya banyak orang menggunakan aplikasi tambahan. Snipping tool bisa ditemukan pada accesoris windows atau dapat ditemukan dengan mudah dengan mengetikan snipping pada kolom pencariannya, maka akan muncul icon bergambar gunting. cara screenshot di pc maupun laptop sebenarnya tetap sama, snipping tool ini dapat digunakan pada masing-masing perangkat tersebut.

Buka halaman yang akan dicapture, kemudian buka aplikasi snipping tool dan ketuk new untuk memulai mengambil gambar capturan. Sesuaikan dengan bidang yang ingin diambil dapat berupa persegi, full screen atau bahkan beberapa bagian saja dengan mode free form. Setelah layar berkedip maka akan langsung masuk kepada jendela snipping tool. Kalian bisa langsung menyimpan pada beberapa jenis file, atau mengeditnya terlebih dahulu, seperti menambah catatan atau memperjelas dengan highlighternya.

pexels.com

PLUS MINUS

Snipping tool memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah, aplikasi ini sangat ringan untuk dijalankan pada sebuah computer atau laptop ASUS. Fitur pen, highlighter juga sudah ada untuk memperjalas point-point gambar capturan. Selain itu snipping tool juga dapat menyimpan gambar capturan kepada beberapa jenis file seperti, PNG, JPEG dan GIF, sehingga dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pemiliknya.

Meski demikian snipping tool juga masih memiliki beberapa kekurangan, hal ini dirasa wajar karena aplikasi bawaan tidak akan pernah bisa detail atau kompleks seperti layaknya aplikasi edit gambar professional. Aplikasi ini memang diperuntukkan untuk capture dan edit dengan tambahan catatan, tanpa ada embel-embel lain seperti fitur crop, penambahan teks atau fungsi mirror.

CARA SCREENSHOT MENGGUNAKAN PRINT SCREEN

Bagi seseorang yang hobi utak-atik fungsi keyboard dan shortcutnya maka mereka pasti akan lebih tahu fungsi dari print screen atau biasa pada laptop disebut dengan “prt sc”. Keyboard dengan tulisan ini merupakan camera layar, artinya semua yang ada dan ditampilkan pada layar laptop dapat diambil gambarnya dengan menekan tombol tersebut.  Gambar capturan bisa langsung di temple atau di paste pada power point, ms word, atau ms paint jika ingin di edit terlebih dahulu.

Paint adalah editor gambar simple yang juga merupakan paket bawaan dari windows, paint bisa berfungsi lebih komplek daripada snipping tool. Pada paint beberapa fitur seperti bidang capturan dapat disesuaikan kembali, dipotong, diberikan catatan, atau tambahan teks. Dapat juga membalik gambar atau menambahkan dan merubah background gambar yang di capture.

PLUS MINUS

Paint memiliki banyak fungsi yang dapat mewakili aplikasi edit foto secara lebih simple, berbagai fitur seperti penambahan teks, penghaspusan teks yang ditambah, pemotongan bidang, copy bidang serta masih banyak lagi. Paint dapat meresolusi pixel bidang capturan, serta menyimpan file dalam bentuk Bitmap, Tiff, Gif, Png dan Jpg, sehingga dapat dilakukan proses editing lebih baik jika diinginkan.

Salah satu kekurangan apabila menjalankan aplikasi paint pada laptop atau computer adalah tingginya kinerja RAM, beberapa jendela aplikasi yang terbuka akan membuat RAM bekerja lebih berat. Untuk laptop berkapasitas besar ini tidak akan menjadi kendala, berbeda dengan laptop atau notebook yang notabene tidak dilengkapi dengan RAM besar.

pexels.com

CARA SCREENSHOT MENGGUNAKAN LIGHTSHOT

Aplikasi ini memang bukan merupakan aplikasi bawaan dari windows, melainkan aplikasi tambahan yang dapat diunduh  pada beberapa situs penyedia software. Lightshot relative lebih ringan dan lebih simple daripada aplikasi capture gambar lainnya, serta dapat diinstall pada berbagai jenis system operasional laptop. Mulai dari windows xp, win 7, win 8, serta pada Mac.

PLUS MINUS

Aplikasi lighshot hanya memiliki kapasitas yang relative kecil jika di install dalam laptop, sehingga tidak terlalu memberatkan system pengoperasionalan. Sudah disupport juga dengan freeform atau bidang bebas yang akan diambil gambarnya, selain hanya fullscreen atau bidang persegi saja. Dilengkapi juga dengan add text, hightlight atau marker serta penyimpanan dalam berbagai file seperti Bitmap, Jpeg dan Png.

Beberapa kekurangan aplikasi ini adalah dapat memberatkan system kerja pada laptop, khususnya laptop dengan kapasitas RAM yang kecil. Aplikasi ini tidak bisa melakukan proses capture dan penyimpanan secara bersamaan atau berurutan, sehingga gambar yang ingin diambil harus dibuka satu persatu atau perbagian.

Demikianlah beberapa cara screenshot pada pc atau laptop ASUS, bisa juga diterapkan pada merk-merk yang lainnya. Sesuai dengan prinsip system pengoperasionalan computer atau laptop.

Leave a Comment