Mengetahui Jenis Pohon Kurma

Pohon kurma banyak tumbuh subur dinegara – negara Timur Tengah, walaupun dengan kondisi tanah yang cukup tandus sekalipun. Habitat pohon kurma sendiri memang pada memerlukan tanah yang kering dengan suhu udara yang panas, sehingga sangat cocok pada kondisi lingkungan negara Timur Tengah.

Pohon kurma sendiri dipercaya sudah ada sejak 4000 tahun sebelum masehi, yang mana berasal dari Teluk Persia. Dengan adanya pohon kurma yang dapat tumbuh pada kondisi lingkungan seperti itu, masyarakan Timur Tengah menjadikan buah kurma sebagai makanan pokok mereka sejak ribuan tahun yang lalu.

Buah kurma yang sudah matang ketika dimakan memilii rasa yang lembut, selain itu juga memberikan energi dan menyegarkan, sehingga masyarakat yang hidup didaerah panas seringkali mengonsumsi buah ini sebagai makanan sehari – hari mereka.

Pohon Kurma Jantan dan Betina

pexels.com

Bagi kebanyakan orang awam mungkin tidak mengetahui bahwa ada pohon kurma jantan dan pohon kurma betina, hal tersebut karena pohon kurma itu sendiri merupakan tanaman dioecios atau berumah dua.

Pohon kurma memerlukan penyerbukan dari pohon jantan agar dapat berbuah, yang mana proses penyerbukan ini memerlukan bantuan angin ataupun serangga. Semakin populernya buah kurma, penyerbukan ini sendiri seringkali dilakukan oleh manusia agar pohon kurma cepat berbuah.

Bahkan untuk beberapa perkebunan pohon kurma, para petani tidak memiliki pohon kurma jantan. Pada saat proses penyerbukan mereka akan membeli bunga ataupun serbuk sari kurma jantan yang banyak dijual dipasar – pasar.

Pohon kurma sendiri dapat mulai berbuah setelah 7 tahun dari awal penanaman, dan bisa mulai dipanen ketika berusia 7 hingga 10 tahun. Sekali panen pohon kurma dapat menghasilakan sekitar 80 hingga 120 kg buah kurma, yang mana agar buah kurma memiliki kualitas baik seringkali buah ini dibungkus.

Jenis Pohon dan Buah Kurma

pexels.com

Mesikpun hampir setiap pohon kurma terlihat mirip, namun sejatinya pohon kurma sendiri memiliki lebih dari 1.000 jenis. Setiap jenis dari pohon kurma ini memiliki buah yang berbeda – beda, mulai dari rasa hingga bentuk dengan ciri khasnya masing – masing.

Pohon kurma yang paling terkenal adalah jenis ajwa atau ajwah atau kurma nabi. Jenis pohon kurma yang satu ini berasal dari Madinah pada dataran tinggi didekat Nejed di Saudi Arabia. Nabi Muhamad Shallallahu ‘alaihi wasallam sangat menyukai buah kurma jenis ini, karena memiliki rasa manis yang sedang sehingga tidak membuat eneg ketika memakan banyak buah kurma sekalipun. Bila kalian yang sedang mencari tempat jual kurma, pada situs pasarkurma.com menjual banyak sekali jenis kurma maupun produk – produk olahan dari buah kurma.

Berikutnya ada pohon kurma yang berasal dari negara Irak, memiliki ciri buah dengan kulit yang tipis namun daging buahnya tebal serta memiliki rasa yang lembut. Kurma dengan ciri tersebut memiliki nama amir hajj, atau sering juga disebut The Visitor’s Date yang mana jenis kurma tersebut seringkali disajikan kepada tamu.

Deglet noor atau kurma cahaya, dengan ciri khas pada bagian tengah yang memiliki warna terang atau bahka berwarna keemasan ketika terkena sinar matahari. Buah kurma deglet noor ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan sedikit kering.

Kurma mozafati merupakan pohon kurma yang banyak tumbuh di provinsi Kerman, Iran. Dengan ciri khas buah yang berwarna gelap, ketika dimakan akan terasa lembut dan memiliki rasa yang manis dengan ukuran yang sedang.

Kurma Thoory banyak ditemukan di negara Aljazair, buah kurma yang satu ini memiliki ciri khasnya sendiri ketika diawetkan dengan cara pengeringan. Pada buah kurma thoory kering memiliki warna mekar kebiru – biruan dan kulit buah yang sangat berkeriput. Selain bentuk yang unik, buah kurma ini juga memiliki cita rasa yang manis dan sedikit pedas, dan ketika dimakan dagingnya sedikit keras namun rapuh.

Kurma Zaghloul memiliki kulit yang berwarna merah tua dan ukuran buah yang cukup panjang. Buah kurma yang satu ini memiliki kadar gula yang cukup tinggi, sehingga ketika dikeringkan kurma zaghloul akan cukup keras dan garing.

Manfaat Pohon Kurma

Tidak hanya buah kurmanya saja yang dimanfaatkan, ternyata dari mulai daun, getah dan bagian lainnya pada pohon kurma ini bisa dimanfaatkan.

Buah kurma bisa dimakan dari mulai yang masih setengah matang ataupun sudah matang sempurna. Rasa buah kurma yang masih setengah matang ini sendiri memiliki sedikit rasa asam, namun diyakini bahwa buah kurma muda atau setengah matang ini memiliki khasiat menyuburkan agar cepat memiliki momongan.

Buah kurma yang sudah matang bisa langsung dimakan langsung, namun karena cepat membusuk sehingga buah kurma matang sering kali dikeringkan terlebih dahulu sehingga lebih awet dan tahan lama.

Selain buah kurma yang dimanfaatkan sebagai makanan pokok, biji dari buah kurma juga dapat digunakan sebagai pakan ternak maupun olahan kopi, minyak dari pohon kurma ini juga dimanfaatkan untuk diolah menjadi pelengkap sabun.

Tandan dari buah kurma kerap kali dijadikan sebagai sapu bagi masyarakat sekitar, getahnya juga bisa diolah menjadi sirup dan bahkan daunnya juga kerap dimanfaatkan menjadi kerajinan baik itu tikar ataupun kerajinan lainnya.

Leave a Comment