Inilah Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak

Selain mesin 4 langkah atau mesin 4 tak, terdapat jenis mesin yang disebut sebagai mesin 2 tak atau mesin 2 langkah. Jika mesin 4 tak mengalami 4 langkah piston dalam satu kali siklus pembakaran, maka mesin 2 tak hanya mengalami 2 langkah piston pada satu kali siklus pembakaran. Secara struktur, mesin 2 tak lebih sederhana dibanding mesin 4 tak karena tidak menggunakan sistem katup.

Prinsip kerja mesin 2 tak langkah pertama adalah bergeraknya piston dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Saat piston bergerak dari TMA ke TMB, ruang bilas yang ada di bawah piston akan ditekan oleh piston. Semakin jauh jarak piston dari TMA menuju TMB, akan semakin tinggi pula tekanan ruang bilas.

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Pada langkah pertama yaitu langkah hisap dan kompresi, piston atau ring piston akan melewati lubang pembuangan dan pemasukan gas. Posisi dari masing-masing lubang pemasukan dan pembuangan gas sangat tergantung dari perancang mesin. Umumnya, lubang yang pertama kali dilewati oleh ring piston adalah lubang pembuangan.

Saat ring piston melewati lubang pembuangan tersebut, gas yang ada di dalam ruang bakar akan keluar melalui lubang pembuangan. Sementara itu, saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan di ruang bilas akan terpompa dan memasuki ruang bakar sehingga gas yang ada di ruang bakar akan terdorong keluar ke lubang pembuangan.

Pada akhir langkah pertama, piston akan terus menekan ruang bilas hingga mencapai TMB. Pada proses ini, gas dalam ruang bilas akan terpompa ke dalam ruang bakar. Setelah langkah pertama selesai, piston akan bergerak dari TMB ke TMA. Proses ini dikenal sebagai langkah kedua atau dikenal juga sebagai langkah kerja dan buang pada mekanisme kerja mesin 2 tak.

Saat bergerak dari posisi TMB ke TMA, gas hasil pencampuran udara, bahan bakar dan pelumas akan dihisap oleh piston ke dalam ruang bilas. Proses pencampuran dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi. Setelah itu, piston akan mengompresi gas yang terjebak dalam ruang bakar. Proses ini terjadi saat piston melwati lubang pemasukan dan lubang pembuangan.

Proses kompresi gas oleh piston di dalam ruang bakar akan terus terjadi hingga piston sampai ke posisi TMA. Sementara itu, sebelum piston mencapai TMA, mesin busi akan menyala atau jika menggunakan mesin diesel, mesin tersebut akan menyuntikkan bahan bakar untuk membakar gas yang ada di dalam ruang bakar.

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak

ilustrasi (photo: pixabay.com)
  1. Cara kerja

Perbedaan antara motor 2 tak dengan motor 4 tak dari cara kerja mesinnya telah sedikit disinggung sebelumnya. Motor bermesin 2 tak membutuhkan satu kali putaran poros engkol untuk mendapatkan satu kali tenaga, sedangkan motor 4 tak membutuhkan 2 kali putaran poros engkol untuk mendapatkan satu kali tenaga. Dari segi cara kerja untuk mendapatkan tenaga, motor bermesin 4 tak memang kurang efisien dibanding motor bermesin 2 tak.

  1. Konstruksi mesin

Dari segi konstruksi mesin, motor bermesin 2 tak tidak menggunakan katup seperti halnya motor yang bermesin 4 tak. Meski begitu, ada juga mesin 2 tak yang menggunakan katup hisap yang berupa katup harmonika atau red valve. Dari segi ring, konstruksi piston pada mesin 4 tak juga sedikit berbeda dengan konstruksi piston pada mesin 2 tak.

Dengan kata lain, konstruksi mesin pada sepeda motor 4 tak lebih rumit dibanding konstruksi mesin pada sepeda motor 2 tak. Karena itulah sangat wajar jika cara kerja mesin 4 tak pun lebih rumit dibanding cara kerja mesin 2 tak.

  1. Penggunaan pelumas

Tidak seperti motor bermesin 2 tak yang membutuhkan dua jenis oli atau pelumas, motor bermesin 4 tak hanya membutuhkan satu jenis oli, yaitu oli mesin saja meskipun ada pengecualian untuk motor matic. Sebaliknya, motor bermesin 2 tak membutuhkan oli samping dan oli untuk melumasi bagian transmisi yang biasanya menggunakan oli mesin biasa.

  1. Gas buang yang dihasilkan

Perbedaan motor 2 tak dan 4 tak juga dapat dilihat dari gas buang yang dihasilkan. Gas buang yang dihasilkan motor 2 tak adalah gas berupa asap yang berwarna putih. Gas tersebut terbentuk dari campuran udara, bahan bakar dan oli samping. Sebaliknya, gas buang yang dihasilkan motor 4 tak  tidak berwarna putih karena tidak menggunakan oli samping.

Perbedaan antara mesin 2 tak dan 4 tak dapat diketahui salah satunya dari lembaga kursus seperti HMTC. Ada banyak paket kursus mekanik yang dapat dipilih. Selain itu, HMTC juga menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap untuk menunjang proses pembelajaran peserta didiknya.

 

Leave a Comment