Peralatan Pendingin Selain AC Yang Harus Anda Tahu

Dewasa ini, banyak yang menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan. ini bisa dilihat dari perusahaan distribusi yang kebanyakan menjual barang keperluan rumah tangga ini. Wajar karena harganya di pasaran juga mudah dan terjangkau sehingga tidak membebani para pelanggan. Sayangnya tidak sedikit yang merasa penggunaan AC juga boros listrik.

Tidak heran banyak yang mencari alternatif terbaik untuk pengganti AC namun tetap bisa mendinginkan ruangan dengan maksimal. Anda yang mencari pendingin ruangan selain AC, sudah banyak perusahaan Indonesia yang menyiapkannya. Anda tinggal memilih mana yang paling cocok untuk dipakai saja. Sesuaikan dengan budget yang Anda punya.

Contoh Perlengkapan Pendingin Selain AC Yang Bisa Dipakai

pixabay.com

Anda yang penasaran dengan perlengkapan untuk mendinginkan ruangan, berikut beberapa perlengkapan yang dimaksud:

Cooling pack

Bentuknya mirip dengan bantal leher. Namun cooling pack sendiri merupakan alat yang biasanya dipakai dengan kipas angin, baik protable maupun berdiri. Anda tinggal meletakkan cooling pack ini di belakang kipas angin saja.

Selanjutkan, kipas angin akan memancarkan udara seperti AC. Cooling pack bisa menurunkan suhu ruangan hingga 2 sampai 5 derajat. Sebelum meletakkannya ke kipas angin, usahakan untuk membekukan cooling pack selama 4 jam terlebih dahulu.

Kipas angin

Tentu Anda sudah akrab dengan alat yang satu ini. Alat pendingin ruangan ini memang tidak menggunakan polarin seperti halnya saat penggunaan AC. Meskipun demikian, cukup kuat untuk membuat ruanganmu menjadi lebih dingin dan sejuk dibanding biasanya. Kipas angin portable memang banyak digunakan karena bisa dipindahkan kemana saja sesuai kebutuhan pengguna.

Sedangkan kipas angin berdiri lebih memiliki tenaga untuk menghasilkan udara segar dan sejuk. Sayangnya kipas angin berdiri sulit untuk dibawa kemana saja. Kipas angin merupakan alternatif terbaik bagi yang tidak mempunyai AC untuk pendingin ruangan. Sudah banyak perusahaan yang menyediakan peralatan ini.; Harganya juga murah dibanding penggunaan AC. Yang pasti juga cocok untuk anak kost pastinya.

Air cooler

Air cooler ini merupakan bentuk yang lebih sempurna dari cooling pack. Bukan hanya sempurna, bentuknya juga lebih praktis dan juga modern dibanding cooling pack. Dimensinya tidak terlalu gemuk sehingga bisa dipindahkan kemana saja sesuai keinginan. Air cooler sendiri merupakan pendingin ruangan selain AC yang memberi udara sejuk dan segar.

Umumnya peralatan ini menggunakan aliran listrik untuk sumber dayanya. Namun tetap saja Anda harus mengisinya dengan bahan air ataupun es batu untuk bahan bakarnya. Dibanding semua peralatan lainnya, ini lebih diuntungkan dan diunggulkan., Hanya saja kapasitas airnya hanya 10 liter, Setelah habis, Anda harus mengisinya ulang.

Memilih Peralatan Pendingin Yang Terbaik

pixabay.com

Kita tahu di pasaran memang ada banyak peralatan untuk pendingin ruangan atau untuk keperluan lainnya. meskipun begitu, Anda tetap harus jeli dan cermat dalam menentukan pilihan., Karena jika tidak, Anda mendapat banyak kerugian. Entah itu dalam hal biaya yang harus dikeluarkan atau sebagainya. Lantas, bagaimana cara memilih peralatan untuk pendingin tersebut? Untuk masalah ini, Anda bisa simak ulasannya berikut:

Pilih peralatan yang hemat listrik

Umumnya peralatan untuk mendinginkan ruangan memang menggunakan listrik sebagai bahan dasarnya. Untuk itulah, jika Anda ingin membeli pendingin usahakan untuk membeli yang dayanya tidak membuat boros listrik. Tentunya tujuannya sudah jelas agar listrik yang digunakan tidak boros dan akhirnya membuat pengeluaranmu juga tidak jebol.

Pertimbangkan aspek kesehatan

Perkembangan jaman terus maju, banyak perusahaan yang membuat peralatan untuk mendinginkan ruangan di pasaran. Anda harus mempertimbangkan aspek kesehatan untuk menentukan pilihan peralatan yang paling cocok. Pastikan jika pendingin yang dipilih mempunyai teknologi untuk membunuh virus ataupun bakteri. Dengan begitu, ruangan akan tetap sehat dan nyaman serta bisa terhindar dari berbagai penyakit mematikan akibat virus.

Sesuaikan dengan ruangan

Anda yang ingin memilih pendingin harus menyesuaikan ruangan. tujuannya agar hasil kerjanya bagus dan menjanjikan. Contoh, untuk ruangan yang kecil,  pilih pendingin yang tidak terlalu besar. tujuannya agar tidak terlalu memboroskan listik.

Begitu pula sebaliknya, jika ruanganmu besar, gunakan beberapa peralatan untuk pendingin atau gunakan alat yang lebih besar agar tidak ribet. Tujuannya agar pendingin bisa bekerja penuh untuk semua bagian ruangan tersebut.

Perhatikan letak untuk pemasangannya

Setiap sudut ruangan biasanya menjadi letak terbaik untuk pemasangan AC ataupun peralatan lainnya. Karena di sudut tersebut, udara yang dihasilkan dari pendingin bisa tersebar ke semua bagian ruangan. Sehingga hasilnya lebih bagus dan menjanjikan. Anda yang menggunakan peralatan lain seperti kipas angin atau sebagainya bisa memilih dan menyesuaikan jumlah orang didalam ruangan tadi.

Perusahaan distribusi perlengkapan pendingin kini sudah menyediakan banyak peralatan yang dipakai untuk mendinginkan ruangan. hal inilah yang membuatmu bisa diuntungkan karena bisa pilih sesuai kebutuhan.

Pendingin memang menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan di era modern. Dengan suhu ruangan yang sejuk dan nyaman, sudah pasti produktivitas bekerja sangat tinggi. Selain  itu, tubuh juga tidak kepanasan yang akhirnya merusak konsentrasi saat bekerja atau beraktivitas.

Leave a Comment