Pengertian Maklon Kosmetik Untuk Yang Ingin Bisnis Kosmetik

Bisnis kosmetik semakin tahun semakin banyak peminatnya. Terlebih melihat trend bahwa sekarang penggunaan kosmetik dan skincare tidak hanya oleh kaum hawa saja. Kaum lelaki pun sekarang sudah banyak yang memakai skincare dan kosmetik agar menunjang ketampanan dan kecerahan wajah mereka. Maka tak heran jika banyak orang yang mencoba peruntungan dengan berbisnis dan berjualan kosmetik atau skincare.

Industri pun memfasilitasi hal tersebut. Banyak perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan produk kosmetik dengan merk dan brand dari para pelaku usaha kosmetik sendiri. Jasa seperti ini di kenal luas dengan istilah maklon kosmetik.

Pengertian maklon

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai jasa maklon kosmetik, alangkah baiknya jika kita membahas pengertian dasar dari maklon.

Maklon sendiri sebenarnya adalah jasa dengan skema CMT atau Cut Make Trim yaitu dimana bahan dan material suatu produk di sediakan oleh orang yang menggunakan jasa dari perusahaan maklon yang kredibel dan di percaya.

Awalnya istilah tersebut berlaku untuk jasa dan industri konveksi. Jadi, arti dari maklon sendiri adalah suatu sistem usaha dimana terjadi kesepatakan antara pihak pengguna jasa dan penyedia jasa untuk memproduksi sebuah produk dengan syarat dan ketentuan yang telah kedua nya sepakati.

Suatu perusahaan bisa di katakan sebagai jasa maklon jika memenuhi dua syarat yaitu spesifikasi sebuah produk di tentukan oleh pengguna jasa dan sebagaian atau secara keseluruhan bahan dasar di sediakan oleh pengguna jasa.

Ada banyak jenis usaha maklon yang beredar di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis maklon yang ada di negara Indonesia. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

  1. Maklon makanan
  2. Maklon minuman
  3. Maklon obat herbal
  4. Maklon suplemen
  5. Maklon fashion
  6. Maklon furniture
  7. Maklon jahit
  8. Maklon rajut
  9. Maklon air minum dalam kemasan
  10. Maklon minyak goreng
  11. Maklon tas
  12. Maklon kosmetik atau skincare

Jasa maklon kosmetik

Ada banyak sekali jasa maklon kosmetik yang beredar di Indonesia. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah PT. NOSE HERBALINDO. Perusahaan ini bergerak di bidang manufaktor kosmetik secara total.

Tak kurang dari 140 merk kosmetik baik dari dalam maupun luar negeri telah di produksi melalui jasa dari perusahaan ini. Banyak pula selebritis Indonesia yang mempercayakan produksi kosmetik merk mereka kepada perusahaan ini.

Kamu bisa membuat produk kosmetik dengan brand dan merk mu sendiri melalui perusahaan ini. Bagaimana cara dan skema kerja sama nya? Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara memproduksi produk kosmetik mu melalui jasa dari perusahaan PT. NOSE HERBALINDO. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Konsultasi

Tahap pertama yang harus kamu lakukan sebelum merealisasikan ide dan gagasan mu mengenai sebuah produk kosmetik adalah melakukan konslutasi kepada pihak perusahaan ini. Kamu bisa datang langsung ke kantor dari perusahaan ini yang terletak di Jl. Agung Perkasa 9, Blok K2 No.29 , RW.14, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350. Tahap konsultasi ini adalah menerangkan mengenai konsep yang ingin kamu buat untuk produk kosmetik. Spesifikasi lengkap dan khusus dari produk yang ingin kamu buat.

2. Formula

Setelah kamu melakukan konsultasi, tahapan berikutnya adalah perusahaan ini akan mencari formula yang di perlukan sebagai bahan dasar pembuatan merk kosmetik yang kamu minta. Jaringan dan suplayer dari perusahaan ini cukup luas sehingga proses formulasi mencari bahan dasar untuk kosmetik bisa di lakukan dengan cepat dan efesien.

3. Desain kemasan

Setelah mendapatkan formula yang tepat untuk bahan produk kosmetik, tahapan berikutnya adalah merancang desain kemasan untuk produk milik mu tersebut. Perusahaan ini akan memilihkan desain terbaik dan menarik perhatian para calon konsumen. Tidak usah kamu ragukan lagi pengalaman perusahaan ini dalam masalah kemasan dari suatu produk.

Hampir seluruh produk kosmetik yang di buat perusahaan ini memiliki desain kemasan yang menarik dan indah. Desain kemasan ini tidak boleh di sepelekan. Karena terkadang bisa mempengaruhi sisi psikologi konsumen apakah mereka jadi membeli suatu produk atau tidak.

4. Perizinan

Tahapan berikutnya adalah perusahaan ini akan mengajukan perizinan menganai hak kekayaan intelektual produk kosmetik mu ke HAKI dan juga izin edar produk kepada pihak BPOM dan MUI.

5. Produksi

Setelah perusahaan mengantongi izin dari HAKI, BPON dan juga MUI, maka tahap selanjutnya adalah mulai memproduksi produk kosmetik mu secara masal dan dengan jumlah yang telah di sepakati oleh dirimu dan juga pihak perusahaan.

6. Distribusi dan pemasaran produk

Setelah tahapan produksi selesai, maka di lakukan pengecekan dan uji kualitas dari produk kosmetik tersebut agar terjamin aman dan tidak berbahaya ketika digunakan oleh konsumen mu nanti. Jika sudah, maka perusahaan ini akan membantu memasarkan dan mendistribusikan produk kosmetik milik mu baik secara online maupun offline.

Nah itulah sekilas mengenai maklon kosmetik yang mungkin belum kamu ketahui. Jika kamu memiliki gagasan dan konsep tentang sebuah produk kosmetik dan kamu berniat mewujudkan nya, kamu bisa langsung menuju situs web dari PT. NOSE HERBALINDO yaitu https://nose.co.id/ untuk mengetahui lebih lanjut cara pembuatan produk.