Pengertian dan Sejarah Singkat Komputer

Komputer, saat ini adalah barang yang menjadi teman bekerja manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Komputer bisa membantu pekerjaan manusia dengan tingkatan yang sederhana hingga sesuatu yang terasa rumit bagi manusia.

Perkembangan komputer juga hingga saat ini sangat cepat dan pesat. Saat ini, beragam inovasi telah dilakukan hingga sampailah pada generasi komputer saat ini. Bahkan, sebentar lagi generasi terbaru dari komputer akan segera hadir menemani kegiatan manusia.

Namun, tahukah kamu mengenai apa sebenarnya komputer itu sendiri? Untuk itu kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian komputer.

Pengertian Singkat Komputer

pixabay.com

Komputer pada dasarnya merupakan alat yang bertujuan untuk membantu hidup manusia dalam mengolah data sesuai program yang digunakan.

Pada awal komputer diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia dalam bidang aritmatika. Seiring dengan berjalannya waktu dan datangnya inovasi, komputer modern bisa membantu pekerjaan manusia sesuai dengan aplikasi pemrograman yang digunakan.

Sejarah Singkat Komputer

Sebelum komputer sampai di masa saat ini, perkembangan komputer sangatlah beragam. Awal terciptanya komputer setidaknya memerlukan ruangan dengan ukuran 500m2 dan menggunakan bahan dasar berupa tabung vakum yang sangat mudah panas.

Perkembangan komputer terus dilakukan agar semakin lebih efisien, hemat daya dan bisa digunakan oleh banyak orang.

Saat ini, komputer telah berada di generasi keempat di mana penggunaan microprocesssor telah merubah banyak hal. Saat ini bahkan komputer sudah berukuran sangat ringkas dan siap menemani perjalanan kamu sambil tetap bekerja.

Fungsi dasar dari komputer

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, bahwa komputer bertujuan untuk membantu kehidupan manusia. Untuk itu, tentunya komputer memiliki berbagai fungsi utama. Fungsi tersebut antara lain:

  1. Pengolahan data. Komputer berfungsi untuk mengolah data yang berguna untuk membantu tugas manusia. Data yang bisa diolah antara lain dokumen, audio dan bahkan grafis.
  2. Penyimpanan data. Selain sebagai media pengolahan data, komputer juga berguna dalam proses penyimpanan data. Untuk itu, seluruh data penting bisa disimpan dalam komputer dan juga kamu bisa merasa lebih tenang karena dokumenmu bisa dibuka sewaktu-waktu.
  3. Pemindahan data. Dengan semakin majunya konektivitas yang ada, komputer bisa menjadi salah satu media untuk pemindahan data. Selain itu, dengan adanya jaringan komputer maka seluruh komputer di dunia ini bisa saling terhubung. Untuk itu kamu tidak perlu repot lagi jika ingin memindahkan suatu dokumen tertentu.
  4. Sebelumnya telah kita ketahui bahwa tujuan dari diciptakannya komputer adalah sebagai alat untuk membantu pekerjaan manusia. Saat ini, dengan adanya komputer kamu bisa melakukan sejumlah fungsi kontrol terhadap alat-alat lain yang ada di rumah. Salah satu contohnya adalah pengendalian mesin yang bisa membantu proses produksi agar lebih cepat dan efisien.

Komponen Utama Komputer

pixabay.com

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui mengenai pengertian dan manfaat dari komputer, tentu kamu juga perlu mengetahui cara komputer bekerja. Pada dasarnya komputer merupakan sebuah alat yang diciptakan manusia, sehingga terdapat komponen yang bersifat pasti ada dalam komputer. Agar komputer bisa beroperasi dengan baik, inilah komponen yang perlu ada dalam komputer kamu:

1. Input.

Bagian awal dari sebuah pemrosesan data adalah input data itu sendiri. Untuk itu kamu perlu komponen berupa perangkat keras yang berguna untuk menginput data. Sebagai contoh, jika kamu ingin membuat sebuah dokumen menggunakan Microsoft Word, maka kamu harus menggunakan keyboard. Contoh lain adalah jika kamu ingin bermain game, kamu perlu menggunakan joystick agar kamu bisa mengendalikan game tersebut. Contoh komponen lain yang berguna dalam proses input adalah mouse, microphone, dan scanner.

2. Process

Tahapan selanjutnya setelah data berhasil diinput adalah dengan cara memproses data tersebut. Tentunya dalam tahap ini dibutuhkan lebih banyak komponen yang bekerja secara terstruktur. Komponen yang paling utama pada komputer saat ini adalah processor yang merupakan bagian otak dari sebuah komputer. Komponen lainnya yang mendukung antara lain VGA yang berfungsi sebagai me-render grafis. Komponen lain yang berguna pada tahap ini antara lain RAM dan harddisk.

3. Output

Bagian terakhir setelah data berhasil diolah tentu adalah menikmati data tersebut. Untuk menikmati hasil olahan tersebut, tentunya ada beragam cara yang dapat digunakan. Data hasil olahan tersebut juga bisa berbentuk banyak hal. Salah satu hasil dari olahan tersebut antara lain data yang disajikan melalui monitor.

Dengan adanya monitor, kamu juga masih bisa mengedit data yang sudah diproses tersebut. Selain data yang bersifat real time, data yang dicetak dalam kertas juga merupakan hasil dari proses data. Untuk mencetak sebuah dokumen, tentunya kamu membutuhkan printer dan kertas. Alat lain yang merupakan bagian output  dari sebuah komputer antara lain speaker, projector, dan plotter.

Untuk mengetahui berbagai macam informasi perkembangan dunia computer baik di software ataupun hardware, maka kalian wajib mengunjungi web mastekno, karerna di website tersebut selalu update informasi tentang dunia computer setiap hari.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai pengertian komputer. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadikan kamu lebih mengerti mengenai komputer dan cara kerjanya. Untuk lebih dalam mengenai pengertian dari setiap bagian dari komputer, kamu bisa mencari lebih lanjut dalam artikel lain secara lebih rinci. Selamat belajar!

Leave a Comment