Pantai Tanah Lot

Bali selalu menjadi primadona wisata yang tak pernah surut kilaunya. Ibarat kata, Bali merupakan wanita cantik yang mampu membius dan menaklukan hati semua pria. Bali adalah ikon dari Indonesia disektor pariwisata.

Daya tarik utama dari Pulau Dewata adalah ragam keindahan alam berupa pantai yang indah dan terjaga. Ada banyak pantai di Pulau Bali, satu dari sekian banyak itu adalah Pantai Tanah Lot. Setiap harinya pantai ini tidak pernah sepi dari para wisatawan dari berbagai penjuru dunia, bukan cuma wisatawan lokal saja.

Lokasi Pantai Tanah Lot

Pantai ini berada di desa Braban, Kabupaten Tabanan, Bali. Pantai ini dikelola oleh masyarakat sekitar di area pantai. Jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini, kamu tidak perlu khawatir tidak ada area parkir. Meskipun selalu ramai pengunjung, pantai ini menyediakan lahan parkir yang terbilang cukup luas untuk menampung banyak kendaraan bermotor.

Tarif dan Tiket Masuk

Untuk wisatawan domestik, tarif masuk pantai ini sekitar 10 ribu rupiah bagi orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak dibandrol dengan harga 7 ribu rupiah saja. Dan bagi turis mancanegara,

Harga tiket masuk dibandrol sekitar 30 ribu rupiah untuk orang dewasa dan untuk anak-anak tarif masuk ke pantai sekitar 15 ribu rupiah. Pantai ini dibuka mulai pukul 7 pagi sampai dengan 9 malam.

Yang menjadi daya tarik dari Pantai di Tanah Lot ini adalah panorama sunset yang memancarkan sinar jingga di ufuk barat. Di pantai tersebut juga seringkali diadakan hiburan tari kecak khas Bali ketika senja datang dan untuk dapat menikmati hiburan tersebut para wisatawan dikenakan tarif sebesar 50 ribu rupiah. Menikmati senja dengan suguhan tarian adat tentu bakal menambah indah suasana ketika sore tiba.

stocksnap.io

Rute Dari Bandara Ngurah Rai Bali

Rute yang bisa kamu tempuh untuk sampai pada pantai ini adalah dari Bandara Ngurah Rai Bali kamu harus melalui perjalanan sepanjang 26,9 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Kamu tak perlu khawatir nanti akses jalan menuju pantai akan sulit, karena hal itu sudah tidak berlaku lagi. Pemerintah daerah Kabupaten Tabanan telah memperbaiki jalanan menuju pantai sehingga akan memudahkan kamu ketika akan berkunjung kesana.

Aktivitas di Pantai Tanah Lot Bali

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di kawasan Tanah Lot ini. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Menikmati Sunset

Bukan rahasia lagi bahwa pantai ini menyuguhkan keindahan sunset. Kamu bisa duduk santai sembari menikmati mentari pulang menuju ufuk barat. Atau mengabadikan moment berkesan tersebut dengan jepretan lensa kamera untuk kamu posting ke media sosial instagram.

2. Pura Tanah Lot

Jika kamu berada di kawasan pantai ini, maka kamu harus mengunjungi Pura Tanah Lot. Pura ini masih digunakan oleh masyarakat agama hindu di Bali untuk memuja dewa penjaga lautan.

Di pantai sekitar pura tersebut konon terdapat hewan ular suci yang berwarna hitam berkombinasi dengan belang-belang warna kuning.

Sensasi yang kamu dapat ketika mengunjungi Pura Tanah Lot ini adalah letak dari pura tersebut yang berada di ketinggian serta mudah tersapu oleh ombak lautan sehingga memancing adrenalin para pengunjung yang datang ke pura ini.

stocksnap.io

3. Menyambangi Pura Enjung Galuh

Pura ini berdiri di atas sebuah tebing. Jika kamu menginjakan kaki disana, maka akan di suguhkan dengan pemandangan alam yang eksotis.

Kamu bisa mengabadikan moment ketika berada di pura ini karena tempat ini memiliki view yang instagramable.

Tempat ini selalu ramai oleh lalu lalang para turis baik domestik maupun mancanegara yang juga ingin mengabadikan moment di Pura Enjung Galuh ini.

4. Menikmati Kuliner Khas Tabanan

Di pantai ini ada banyak sekali warung-warung yang menyediakan makanan khas dari desa Tabanan, Bali. Kamu harus mencicipi hidangan khas dari desa tersebut.

Makanan khas Tabanan antara lain adalah Kue Klepon. Makanan ini terbuat dari bahan dasar berupa beras ketan yang di beri isi dengan gula aren serta parutan kelapa di dalam kue klepon tersebut.

Tak lengkap rasanya jika kamu datang ke kawasan Tanah Lot namun tak sempat mencicipi makanan tradisional daerah tersebut.

stocksnap.io

5. Belanja pernak-pernik

Di kawasan pantai ini ada banyak sekali tempat yang menjual pernak-pernik atau souvenir yang khas dari Pulau Dewata Bali.

Semisal kamu membeli kaos, gantungan kunci atau juga baju batik khas Pulau Dewata. Beberapa Tempat yang menyediakan Souvenir khas Bali antara lain adalah Bali Enjoy, Bagus Oleh-Oleh, PT. Puri Mutiara Tanah Lot dan masih banyak lagi tempat lain.

Masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di kawasan pantai ini. Pantai ini sangat rekomendasi untuk kamu ketika berada di pulau Dewata.

Nah, itulah sekilas tentang pantai Tanah Lot yang menyimpan keindahan tersendiri yang berada di pulau dewata Bali. Sehingga tidak salah jika dalam Paket Wisata Bali, Pantai Tanah Lot menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dipilih dan dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *