Pacuan Kuda dari Berbagai Negara di Dunia  

Pacuan kuda atau balapan kuda merupakan olahraga yang menggunakan kuda sebagai pelarinya, sedangkan orang yang menungganginya disebut dengan joki. Pacuan kuda sudah ada sejak jaman romawi kuno di mana perlombaan ini ditujukan untuk memuja dewa Odin. Pacuan kuda terkenal karena sering digunakan untuk melakukan perjudian.

Pacuan Kuda Terpopuler

Untuk pacuan kuda paling populer sekarang ini didunia adalah pacuan kuda yang ada di Amerika serikat yang diberi nama pacuan kuda Thoroughbred. Selain Pacuan kuda Thoroughbred ada juga pacuan kuda Harness Racing yang ada di bagian timur Amerika. Selain di Amerika, di beberapa negara di Eropa juga mempunyai pacuan kuda yang sama terkenalnya hanya saja untuk pacuan kuda sendiri memang yang lebih dikenal adalah pacuan kuda di Amerika.

Pacuan Kuda di Eropa

Beberapa nama pacuan kuda di negara – negara Eropa antara lain di Irlandia. Dinegara inilah pacuan kuda sangat berkembang pesat. Ini dikarenakan di negara ini adanya kalender tersendiri atau festival yang memang dikhususkan untuk melakukan pacuan kuda yang diberi nama Festival Cheltenham. Pacuan kuda di negara Irlandia ini berkembang selain dari adanya festival Festival Cheltenham, dinegara inilah adanya perkembangbiakan kuda pacu yang membuat hebat, dari negara inilah kuda ber nama Thoroughbred.

Pacuan Kuda di Asia

Lalu bagaimana dengan di daerah Asia sendiri apakah ada daerah atau negara yang mengembangkan pacuan kuda? Untuk negara Asia Hongkong, Makau, dan Malaysia adalah negara yang masih mengadakan pacuan kuda. Untuk di Indonesia sendiri dahulu di Jakarta ada area pacuan kuda di daerah Pulo Mas, namun karena seringnya menjadi sarang perjudian maka di tahun 1980an tempat ini ditutup.

Pacuan Kuda di Indonesia

Namun ada satu daerah di Indonesia yaitu daerah Bima, Nusa Tenggara Barat yang masih mengadakan pacuan kuda, di mana para joki yang bertarung mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Saat ini pun pacuan kuda dijadikan salah satu cabang dari Pekan Olahraga Nasional.

Begitulah sejarah dari adanya pacuan kuda di dunia sampai di Indonesia. Karena di Indonesia sendiri memang perjudian sangat dilarang maka perlombaan pacuan kuda hanya ada saat PON saja.

Leave a Comment