Olahan Belalang Tempur Di Berbagai Negara

 

 

Salah satu jenis serangga herbivora adalah belalang. Belalang memiliki antena yang lebih pendek dari tubuhnya. Selain itu seekor belalang juga memiliki ovipositor yang pendek. Suara yang biasa dikeluarkan oleh seekor belalang dihasilkan dengan cara menggosokkan fakir belalang dengan sayap depan. Atau bisa juga suara tersebut dihasilkan dari kepakan sayap saat terbang. Biasanya fakir yang dimiliki seekor belalang cukup panjang dan kuat. Jadi memungkinkan untuk belalang melompat.

Belalang dewasa memiliki sayap. Namun tidak semuanya mempergunakan sayap untuk terbang. Ukuran untuk belakng betina biasanya lebih besar dari belalang jantan.

Di berbagai negara di dunia, belalang dapat diolah menjadi makanan. Contohnya di negara Meksiko bagian selatan, belalang atau di negara tersebut dinamai chapulines diolah menjadi makanan yang lezat. Banyak sekali orang Meksiko menyukai makanan ini karena di banyak kandungan baik di dalamnya.  Vitamin, protein, dan mineral yang tinggi terdapat pada seekor belalang. Orang orang Meksiko biasanya mengumpulkan belalang saat senja, mereka menggunakan lampu atau senter sebagai sumber penerangan. Mereka menangkap belalang tersebut dengan menggunakan jaringan sapu. Setelah belalang terkumpul, mereka merendamnya selama 24 jam. Kemudian memakannya dlam keadaan mentah, direbus, atau digoreng dengan tambahan bumbu bumbu lainnya. Makanan ini juga banyak sekali dijual di pasar pasar meksiko.

Selain di pasar Meksiko, belalang juga dijual di pasar china. Salah satu pasar china yang menjual belalang adalah pasar malam donghuamen. Mereka menyajikan olahan belalang dengan cara ditusuk seperti sate.

Di beberapa negara di benua Afrika, belalang dijadikan sumber pangan yang penting. Belalang oleh masyarakat Afrika dijadikan sumber protein dan pengganti pangan saat terjadi krisis. Belalang tersebut biasanya diolah menjadi sup.

 

Lain juga halnya dengan negara yang berada di timur tengah. Mereka menjadikan Belalang sebagai camilan. Cara mengolahnya cukup mudah. Belalang yang sudah dikumpulkan direbus dengan air yang sudah diberi garam, setelah itu Belalang dikeringkan di bawah terik matahari. Dan setelah kering, belalang langsung bisa disantap.

Leave a Comment