Mengintip Keindahan Taman Nasional Di Kabupaten Jember Dan Banyuwangi

Jawa Timur merupakan salah satu pulau yang bisa dikatakan sebagai pulau yang padat pendudukan. Alamnya yang sangat kaya membuat banyak surga tersembunyi yang layak untuk dikunjungi. Begitu juga dengan kota yang berada di ujung Jawa Timur. Patut berbangga karena ada 3 Taman Nasional Di Kabupaten Jember Dan Banyuwangi yang memiliki pesona yang luar biasa. Yuk simak ulasannya berikut.

3 Taman Nasional Yang Salah Satunya Masuk Hutan Keramat

  1. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo merupakan taman nasional yang paling tua di Pulau Jawa dan juga menjadi hutan yang dianggap keramat. Taman nasional ini memiliki luas hingga 43.420 hektar dengan ketinggian 322 mdpl. Di dalam taman nasional ini terdapat 6 ekosistem yang berbeda diantaranya yaitu, hutan mangrove, hutan pantai, hutan alam, hutan tanaman dan hutan bambu. Hal ini membuat taman nasional ini kaya akan flora dan fauna di dalamnya.

  1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran populer dengan sebutan Africa Van Java. Letaknya berada di Desa Wonorejo, Kabupaten Situbondo. Namun, lebih banyak dikenal berada di Banyuwangi karena memang lebih dekat ke Banyuwangi. Luas taman nasional ini hingga 25ribu hektar dengan aneka jenis flora dan fauna. Nama Baluran, diperoleh dari gunung yang ada di kawasan taman nasional tersebut yang disebut gunung Baluran.

  1. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional di Kabupaten Jember dan Banyuwangi satu ini memiliki keindahan yang tak terelakkan. Memang taman nasional ini tidak terlalu populer dibandingkan dengan taman nasional yang lain. Taman Nasional ini menawarkan keindahan pantai serta petualangan menjelajah hutan yang masih asri dan belum banyak terjamah. Luas Taman Nasional ini adalah 58.000 hektar yang areanya memasuki wilayah Kabupaten Jember dan Banyuwangi.

Kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia memang tidak pernah mengecewakan. Gunungnya yang menjulang, birunya pantai yang luas dan juga hutannya yang hijau seperti tidak pernah puas untuk menghibur para penduduknya. Taman Nasional di Kabupaten Jawa Timur ini merupakan salah satu bukti kayanya Indonesia yang patut untuk disyukuri. Tak hanya itu melindungi dan menjaganya merupakan tugas semua penduduk bumi.

Leave a Comment