Mengetahui Wilayah Penyebaran Dan Habitat Jerapah

Tahukah Anda di mana habitat jerapah? Selama ini Anda mungkin lebih sering melihat jerapah di kebun binatang. Namun tahukah Anda di mana habitat aslinya? Hewan darat berleher panjang dengan corak unik ini sebenarnya merupakan hewan asli dari benua Afrika. Di mana lingkup wilayah penyebarannya cukup luas dan termasuk dalam salah satu hewan yang keberadaannya dilindungi di dunia.

Jerapah banyak ditemukan tinggal di daerah asalnya di sub-Sahara Afrika dan beberapa wilayah bagian Afrika Utara. Yang tersebar di Kenya, Kamerun, Chad, Uganda, Namibia, Niger, Botswana, Zimbabwe, Zambia, Tanzania, Angola dan Afsel. Dengan hutan, padang rumput liar dan safana sebagai habitat asli jerapah. Hewan ini tidak menyukai daerah yang banyak ditumbuhi tanaman karena bisa membatasi ruang geraknya.

Hewan mamalia darat tertinggi di dunia ini sangat suka hidup di padang safana Afrika sebagai habitat aslinya. Hal ini karena di safana, jerapah lebih leluasa untuk bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Namun sayangnya, habitat jerapah ini kini semakin terkikis seiring dengan pembukaan lahan oleh masyarakat.

Leave a Comment