Mengenali Gejala Batu Ginjal untuk Penanganan Lebih DIni

Jika mendengar masalah batu ginjal, mungkin Anda terbayang tentang gangguan kesehatan yang berbahaya. Tak heran, karena sepertiga penduduk bumi memiliki batu di ginjal mereka, namun tidak semua mengalami gejala batu ginjal. Artinya, meski tidak mengalami gejala, bisa saja seseorang memiliki batu ginjal, dan hal inilah yang membuatnya berbahaya.

Gejala Adanya Batu pada Ginjal

Karena tidak selalu diiringi oleh gejala tertentu, batu ginjal bisa sangat berbahaya karena ia tetap bisa memicu masalah seperti infeksi dan penyumbatan pada aliran urin. Adanya batu endapan yang tersangkut pada kandung kemih dapat menyebabkan kondisi yang disebut sebagai kencing batu dengan rasa sakit luar biasa.

Gejala batu ginjal yang paling umum yaitu rasa sakit yang datang dan pergi dan bisa berpindah dari bagian samping belakang (flank) ke bawah perut (abdomen). Rasa sakitnya pun sangat menyiksa.

Gejala umum lainnya dari kondisi batu ginjal antara lain;

  • Rasa sakit di bagian pinggang, paha, selangkangan hingga kemaluan.
  • Perubahan warna pada urin karena mengandung darah di dalamnya.
  • Perasaan mual dan ingin muntah.
  • Demam, berkeringat dan perubahan intensitas buang air kecil hingga terasa sakit.

Apabila Anda memiliki satu atau beberapa dari kondisi di atas, maka Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter, misalnya

  • mengalami muntah-muntah parah dengan rasa sakit hebat yang bahkan membuat Anda tidak bisa diam
  • rasa sakit hebat yang juga disertai oleh mual dan muntah
  • rasa sakit yang disertai oleh demam
  • mengalami kencing disertai darah, dan
  • gejala paling umum yaitu susah buang air kecil

Dalam hal ini, dokter bisa melakukan berbagai tes untuk memastikan gejala batu ginjal yang dialami pasien diantaranya dengan melihat riwayat medis, cek fisik dan melakukan tes urin.

Dokter juga bisa melakukan pemeriksaan dengan x-ray dan ultrasound ke bagian perut jika diperlukan untuk memastikan adanya batu (kalsium, cystine, dan batu struvite). Pemeriksaan Computed Tomography (CT) terhadap saluran kemih juga bisa dilakukan untuk mendiagnosa batu dan penyakit lain pemicu gejala serupa batu ginjal.

Itulah beberapa gejala batu ginjal yang umum terjadi serta apa saja yang mungkin dilakukan saat mengenali adanya gejala yang dialami. Dengan menengali gejala sejak awal, maka upaya penanganan dan peluang keberhasilan pengobatan menjadi lebih baik.

Leave a Comment