Makanan Kelinci yang Baik untuk Kesehatan

Kelinci merupakan salah satu hewan ternak yang dimanfaatkan dagingnya. Oleh karena itu, perlu diberikan asupan gizi yang seimbnag. Kualitas makanan yang diberikan ke kelinci, amat mempengaruhi terhadap kesehatan dan perkembangan serta pertumbuhan kelinci. Kelinci sendiri merupakan salah satu hewan yang tergolong herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Berikut merupakan jenis makanan kelinci.

  1. Sayuran

Sebagai hewan pemakan tumbuhan, tentu saja sayuran merupakan salah satu makanan favoritnya. Penting diingat bahwa sayuran terbaik yaitu organik, sehingga tidak mengandung pestisida. Sayuran-sayuran tersebut antara lain wortel, kol, kangkung, lobak, sawi daun singkong, daun kembang sepatu, daun kacang panjang, daun kacang tanah, daun pepaya dan rerumputan lainnya.

  1. Pelet

Sama seperti hewan peliharaan pada umumnya, kelinci juga dapat diberi makanan buatan berupa pelet khusus kelinci. Kelebihan pelet untuk pakan kelinci yaitu membantu penyembuhan dan meningkatkan berat badan. Namun, pemberian pelet ini tidak disarankan terlalu banyak. Hal ini karena tekstur pelet yang tidak sesuai dengan sistem pencernaan kelinci. Pemberian pelet dapat menyebabkan mencret.

 

Leave a Comment