Jangan Asal pilih, Yuk Intip Makanan Ikan Arwana Berdasarkan Jenisnya

Masyarakat Indonesia tentu saja tidak asing dengan ikan arwana. Memiliki bentuk tubuh dan warna yang beragam berhasil menarik perhatian dan hati siapa saja yang merawatnya. Menjadikan arwana sebagai penghuni akuarium anda tentunya sebuah pilihan yang bagus, apalagi perawatannya juga mudah. Namun pastikan anda mengetahui dengan baik makanan ikan arwana dan tidak salah memilih. Lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Makanan Arwana Berdasarkan Jenis Yang Harus Anda Tahu

Makanan Arwana Jenis Golden Red

Makanan yang bisa diberikan untuk ikan arwana jenis golden red untuk anakan yang masih berukuran 5 cm adalah artemia, cacing sutra, cacing darah dan kuru air. Hal ini dikarenakan makanan tersebut memiliki banyak kandungan lemak yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan arwana anakan. Sementara ketika sudah berukuran 10cm anda bisa memberikan cacing dan makanan tambahan berupa jangkrik dan pelet kecil.

Makanan seperti jangkrik membuat anak ikan menjadi lebih aktif bergerak dan bisa membuat sisiknya menjadi lebih menawan. Makanan ikan arwana golden red yang sudah dewasa adalah ikan kecil, pelet kecoa, kodok hingga ulat. Jenis makanan ini nantinya bisa membuat warna sisik menjadi lebih cerah. Karena manfaat yang berbeda inilah yang membuat anda harus memperhatikan asupan bagi ikan arwana anda.

unsplash.com

Makanan Arwana Golden Red

Untuk memenuhi kebutuhan gizi dari ikan arwana jenis golden red, anda bisa memberikan jangkrik atau kelabang untuk sarapannya. Anda bisa memberikan 3 hingga 4 ekor dengan membuang kaki atau bagian yang bisa melukai ikan. Pada siang hari anda bisa memberikan 1 ekor katak, namun jumlah ini diberikan berdasarkan ukuran tubuh arwana. Malam hari anda juga bisa memberikan katak. Tapi anda bisa memberikan selingan makanan agar tidak bosan.

Makanan Arwana Silver

Makanan utana yang dibutuhkan oleh ikan arwana silver adalah kelabang. Namun anda tetap harus memberikan variasi makanan yang lain agar tidak bosan. Makanan yang bisa anda berikan sebagai pendamping adalah jangkrik, kadal, katak, lipan dan kecoa. Makanan ikan arwana tersebut sangat disarankan karena memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan arwana silver.

unsplash.com

Makanan Arwana Super Red

Berbeda dengan jenis yang lainnya, arwana super red menyukai makanan yang berupa pakan hidup karena termasuk ikan karnivora. Makanan yang bisa anda berikan bisa berupa ikan hidup, potongan udang segar, jangkrik, kecoa, kodok dan juga beraneka cacing. Tidak disarankan untuk anda memberikan pakan hidup yang telah mati karena bisa membuat ikan arwana terkontaminasi bakteri pathogen. Ada baiknya anda membersihkan bagian pakan hidup sebelumnya.

Makanan ini bisa anda cari sendiri atau membeli di beberapa tempat yang jual arwana super red. Pastikan anda mempehatikan dengan benar jadwal pemberian makan, karena terlalu banyak  jumlah makanan yang diberikan pada ikan juga berakibat tidak baik. Ada baiknya jika anda membuat jadwal rutin untuk memberi makan. Dan porsi yang diberikan haruslah disesuaikan dengan ukuran badannya agar nutrisinya tetap terpenuhi.

unsplash.com

Makanan Agar Ikan Tumbuh Besar

Makanan ikan arwana juga tidak hanya dikhusukan untuk jenisnya saja, namun juga ada yang bertujuan agar ukuran ikan semakin bertambah. Semakin ukurannya bertambah maka semakin mahal harga jual dari ikan arwana yang anda miliki. Makanan yang bisa anda berikan agar ikan cepat besar yaitu ikan kecil. Ikan kecil memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan arwana anda.

Alternatif makanan yang bisa diberikan yakni udang, tidak hanya membuat warnanya cantik namun memberikan udang hidup juga akan membuat pertumbuhannya menjadi cepat. Pelet juga bisa anda berikan agar tubuh ikan menjadi proposional dan cepat besar. Pelet banyak mengandung protein serta lemak yang dibutuhkan oleh ikan. Katak juga bisa menjadi pilihan karena kandunagn protein dan lemakanya yang tinggi.

Makanan Agar Sisiknya Merah

Makanan yang bisa diberikan agar sisiknya merah adalah udang. Hal ini karena didalam udang mengandung banyak katotenoid yang sangat baik untuk sisik ikan arwana. Namun sebelum memberikan sebaiknya anda mengbuang sungut atau bagian tajam lainnya. Selanjutnya anda juga bisa memberikan cacing yang makan wortel, anda bisa membiakkan sendiri. Hal ini dikarenakan arwana bukan pemakan tumbuhan dan tubuhnya butuh sayuran.

Anda juga bisa memberikan kelabang atau jangkrik yang sebelumnya juga anda beri pakan wortel. Dengan memberikan wortel pada kandang jangkrik dan membiarkan wortel dikonsumsi seharian. Setelah itu anda bisa memberikan jangkrik kepada ikan arwana milik anda. Meskipun makanan ikan arwana  membutuhkan proses yang lumayan panjang namun hasilnya akan maksimal. Jadi apakah anda sudah siap mencoba?

Untuk membuat ikan arwana tumbuh dengan sehat dan cantik tentunya dibutuhkan perhatian yang maksimal. Ikan arwana haruslah memiliki asupan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi sesuai kebutuhan. Anda bisa menyesuaikan porsi dan jam makan sesuai dengan ukuran tubuh yang dimiliki oleh ikan arwana anda. Pastikan untuk selalu menganti airnya agar ikan hidup dengan sehat dan miliki pertumbuhan yang baik.

Leave a Comment