Manfaat Mengerjakan Latihan Soal SBMPTN Dalam Mempersiapkan Diri

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk dapat berkuliah di kampus favorit adalah dengan cara mengikuti SBMPTN apabila dinyatakan tidak lolos pada SNMPTN. Ya, tidak lolos pada SNMPTN bukanlah akhir segalanya. Masih ada cara lain yaitu dengan mengikuti UTBK yang hanya berselang beberapa bulan dari pengumuman hasil SNMPTN. Dalam jeda waktu tersebut, manfaatkan dengan mengerjakan latihan soal yang bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber.

Optimalkan Peluang Masuk PTN dengan Latihan Soal

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan cara mengerjakan latihan soal SBMPTN. Nah, manfaat yang disebut antara lain

Mengingat Kembali

Tentu saja manfaat utama dari mengerjakan latihan-latihan soal adalah untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah Anda dapatkan hingga masa SMA. Mengingat kembali akan jauh lebih mudah daripada mempelajari kembali materi secara menyeluruh. Selain itu, proses mengingat kembali yang Anda lakukan juga akan lebih terarah karena berdasarkan materi yang relevan dengan tes terkait.

Membiasakan Diri

Bisa dikatakan bahwa jenis soal-soal dalam SBMPTN dari tahun ke tahunnya ntaris sama. Hanya saja, bentuk penyajian kasus soal  yang dibuat agak berbeda. Nah perbedaan inilah yang perlu diantisipasi sehingga Anda menjadi lebih terbiasa. Setelah terbiasa dengan sajian kasus soal yang beragam, Anda pun dapat menganalisa soal HOTS dengan lebih cepat. Sehingga peluang Anda untuk menjawab benar pun menjadi semakin tinggi.

Menghindari Stres

Belajar mengerjakan berbagai macam latihan soal relevan sejak dini memungkinkan Anda untuk menghindari sistem belajar kebut semalam. Ya, sistem belajar habis-habisan dalam waktu singkat ini akan sangat menyita energi dan bisa membuat jenuh bahkan stres. Manfaatkan waktu yang ada untuk belajar sejak awal sehingga Anda bisa menyisihkan waktu untuk belajar dan istirahat. Dengan begitu  Anda tidak merasa tertekan untuk menuntaskan seluruh materi sekali waktu. Selain itu, cara ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat serta pemahaman Anda tentang soal tersebut.

pixabay.com

Kesempatan untuk Mengembangkan Trik untuk Soal tertentu

Dengan persiapan yang lebih matang dari mengerjakan soal yang banyak tersedia di internet, di edutore misalnya, memungkinkan Anda untuk membiasakan diri menghadapi variasi soal. Tak hanya itu, Anda juga memiliki kesempatan yang cukup untuk mengembangkan teknik dan trik tertentu untuk jenis soal tertentu pula. Ya, karena pada dasarnya soal yang keluar dari tahun ke tahun masih identik, Anda hanya perlu menganalisa poin yang menjadi detail dari soal tersebut kemudian menyusun trik pengerjaannya. Hal ini utamanya untuk soal sbmptn saintek.

Berkesempatan untuk Bertanya

Bukan bertanya pada saat ujian, melainkan bertanya saat Anda menemukan kesulitan mengerjakan latihan soal yang Anda dapatkan. Semakin awal Anda memulai persiapan, maka semakin lapang pula kesempatan Anda untuk menanyakan materi yang belum dikuasai kepada teman, senior atau bahkan guru sekalipun. Anda bisa mendiskusikan materi tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Fokus pada Materi Tertentu

Kemungkinan besar, Kemenristek Dikti dan LTMPT yang merupakan pihak yang bertanggung jawab atas seleksi masuk PTN, membuat soal berdasar pada pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mempelajari soal-soal sebanyak mungkin. Misalnya, Anda bisa mengumpulkan soal-soal selama 7 tahun terakhir sebagai bahan belajar. Tak hanya itu, Anda juga bsia mengalokasikan waktu khusus untuk mempelajari materi yang paling sering keluar setiap tahunnya. Siapkan jadwal belajar khusus untuk lebih menguasai setiap materi dominan ini.

pixabay.com

Membuat Simulasi

Saat mengikuti UTBK SBMPTN, peserta akan diberi sejumlah soal dengan waktu mengerjakan yang terbilang singkat pada layar komputer. Mengerjakannya pun juga pada sistem berbasis komputer tersebut. Untuk mempersiapkan diri lebih matang, Anda bisa menggunakan latihan soal-soal untuk melakukan semacam simulasi seolah-olah Anda sedang melakukan ujian tersebut.

Anda bisa melakukan simulasi ini misalnya 2 minggu sekali dengan serius sehingga secara perlahan Anda akan lebih terbiasa denagn situasi yang sangat menekan tersebut. hal ini penting mengingat Anda akan dihadapkan pada soal-soal yang benar-benar sulit, soal dengan jebakan, soal yang menyita waktu. Dengan melakukan terapi ini, Anda akan lebih mudah dalam mengatur waktu dan yang tak kalah penting emosi menjelang waktu yang hampir habis.

Mempersiapkan diri sebaik mungkin sudah seharusnya Anda lakukan, terlebih bagi Anda yang memiliki masalah seperti mudah gugup, panik atau bahkan terlalu fokus pada bagian kecil dari sebuah soal.  Perlu diingat pula, karena soal-soal SBMPTN terbagi ke dalam 3 tingkatan, yaitu mudah, sedang dan sulit maka Anda pun dituntut bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar dapat mengumpulkan poin jawaban sebanyak mungkin.

Hindari hanya mengandalkan SNMPTN untuk bisa masuk ke PTN favorit karena akan sangat berhubungan dengan persiapan SBMPTN. Persiapkan UTBK SBMPTN sebaik mungkin agar peluang Anda untuk lolosa semakin tinggi. Ingat bahwa yang menjadi kompetitor Anda bukan hanya lulusan SMA seangkatan saja, tetapi juga dari tahun-tahun sebelumnya. Mereka bisa saja mempersiapkan diri jauh lebih awal dan ini perlu diwaspadai.

Categories:

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *