Ciri Konsultan Perencanaan dan Desain Arsitektur yang bagus

Jasa konsultan perencanaan dan desain arsitektur akan selalu dibutuhkan terutama di daerah perkotaan yang cukup besar. Bisa dikatakan pendirian bangunan baik untuk rumah tinggal, perkantoran ataupun gedung lainnya hampir setiap hari ada yang baru. Memang pembangunan seperti itu tidak bisa dicegah sebagai dampak dari kemajuan zaman dan modernisasi.

Yang harus diperhatikan adalah bagaimana sistem yang diberlakukan agar pembangunan gedung tidak mengganggu lingkungan. Itulah salah satu alasan mengapa sebelum melakukan pendirian bangunan sebaiknya lakukan diskusi dengan konsultan SLF. Tujuannya adalah agar kita bisa lebih mudah mendapatkan sertifikat SLF dan pembangunan gedung bisa berjalan dengan lancar.

Menggunakan jasa konsultan perencanaan dan desain arsitektur akan sangat membantu Anda untuk bisa mendapatkan sertifikat SLF. Karena itulah sangat disarankan memilih jasa konsultan perencanaan dan desain arsitektur yang bagus reputasinya. Dengan begitu mereka sudah sangat berpengalaman dalam mengurus segala hal yang berkaitan dengan pembangunan gedung.

Bagaimana agar Anda bisa mendapatkan jasa perencanaan dan desain arsitektur yang bagus? Silahkan cek di bawah ini.

Memilih Konsultan Desain Arsitektur yang Bagus

Sudah Berpengalaman

Tanpa bermaksud menyepelekan dan mengecilkan keahlian jasa konsultan arsitektur yang masih pemula namun bagaimanapun pengalaman itu penting. Jasa konsultan perencanaan dan desain arsitektur yang telah berpengalaman akan lebih memahami apa yang harus dilakukan. Mereka juga sudah biasa bagaimana menghadapi masalah selama proses pembangunan.

Memiliki Sistem Kerja yang Jelas

Meskipun jasa konsultan desain arsitektur sudah berpengalaman tapi sebaiknya jangan dipilih kalau mereka tidak memiliki sistem kerja yang jelas. Tanpa adanya sistem kerja yang disusun dengan jelas maka pekerjaan yang dilakukan pasti tidak akan efisien. Dan hal tersebut akan sangat merugikan Anda sebagai klien.

Jadi pastikan sejak awal kerjasama terjadi antara Anda dengan jasa konsultan tersebut semua yang akan dikerjakan sudah jelas. Sebagai contoh misalnya bagaimana tahapan pengerjaannya, berapa lama waktu yang dibutuhkan dan proses kerjanya. Terlebih jika menyangkut tentang sistem pembayarannya semua harus jelas.

Menyediakan Paket Lengkap dan Garansi

Sama halnya ketika kita membeli sesuatu dengan harga yang mahal maka sewajarnya penjual memberikan garansi. Begitu juga saat menggunakan jasa konsultan perencanaan dan desain arsitektur sebaiknya pilih yang memberikan garansi kepada klien. Contoh dari garansi yang dimaksud misalnya akan mengganti desain yang tidak cocok dengan keinginan klien.

Apakah hanya cukup 3 hal seperti yang sudah disebutkan di atas saja cara untuk memilih konsultan perencanaan dan desain arsitektur yang bagus? Tentu saja tidak karena masih ada beberapa tips lainnya.

Tips Lain Memilih Konsultan Desain Arsitektur

Memiliki Portofolio

Sebagai konsultan perencaan dan desain arsitektur yang sudah cukup berpengalaman dan diakui reputasinya tentunya ada banyak portofolio. Nah, Anda sebagai calon klien yang akan menggunakan jasa mereka memang disarankan untuk melihat desain yang pernah dibuat. Akan lebih bagus lagi kalau dari sekian banyak desain tersebut mayoritas klien merasa puas.

Dari portofolio berupa desain-desain bangunan yang pernah dibuat tersebut Anda bisa memperkirakan bagaimana kualitas kerja sang arsitektur. Jika gambar desainnya mayoritas terlihat bagus dan garis-garisnya halus maka kemungkinan besar dia adalah arsitek yang sangat berbakat.

Komunikatif Dengan Klien

Anda akan selalu membutuhkan komunikasi dengan konsultan perencanaan dan desain arsitektur sebelum dan selama proses pembangunan. Kalau komunikasi antara jasa konsultan dengan klien tidak lancar atau terhambat kemungkinan besar pekerjaan juga akan terganggu. Karena itulah sebaiknya Anda memilih konsultan desain arsitektur yang bisa diajak komunikasi kapanpun dibutuhkan.

Konsultan yang komunikatif dengan kliennya akan membuat pekerjaan pembangunan bisa berlangsung lancar dan cepat selesai. Komunikasi yang lancar juga akan membantu klien lebih mudah menyampaikan ide kepada konsultan. Begitu juga sebaliknya, konsultan bisa memberikan saran agar ide klien bisa menghasilkan bentuk bangunan yang bagus.

Selain masalah desain dalam komunikasi antara klien dengan konsultan berkaitan dengan estimasi waktu pengerjaan dan pembayaran. Konsultan yang kurang komunikatif bisa mendatangkan masalah pada klien maupun pada desain yang dibuatnya.

Sesuai Dengan Karakter Anda

Apakah pernah terlintas di dalam pemikiran Anda sebelumnya bahwa karakter pribadi konsultan desain arsitektur bisa mempengaruhi kepuasan Anda. Ya, kalau bisa memang sebaiknya Anda memilih arsitek yang karakternya mirip atau cocok dengan karakter Anda. Dengan begitu Anda akan cenderung merasa lebih nyaman menyampaikan ide dan melakukan komunikasi dengannya.

Ingatlah bahwa kerjasama dan komunikasi Anda dengan konsultan perencanaan dan desain arsitektur tersebut akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Sehingga kenyamanan dan kelancaran komunikasi sangat dibutuhkan agar hasilnya bisa maksimal.

 

 

 

Leave a Comment