Yuk Simak Cara memilih Kitchen Set Agar Dapur Lebih Rapi

Penggunaan lemari dapur menjadi hal yang wajib ada di dapur khususnya pada rumah dengan desain minimalis. Penggunaan kitchen akan mempermudah kegiatan memasak, karena peralatan dapur sudah tertata dengan baik, sehingga mudah ditemukan. Pemilihan kitchen set yang sesuai juga dapat membuat dapur lebih rapi, serta memberikan kesan lebih cantik dan elegan.

Tips Memilih Lemari Kabinet untuk Mempercantik Dapur

  1. Memilih Warna yang Kontras dengan Dapur

Pemilihan lemari kabinet untuk menyimpan barang dapur sebaiknya menyesuaikan dengan dinding dapur anda. Hal ini agar ruang dapur tampak lebih kontras dan enak dipandang. Maka sebelum memilihnya, sebaiknya anda menyusun desain dapur minimalis dengan tampilan yang lebih elegan. Dengan begitu, anda bisa menyesuaikan warna dan desain lemari kabinet dengan ruangan dapur.

Tidak harus memilih lemari kabinet dengan harga yang lebih mahal agar mendapatkan model yang cantik dan bagus. Anda hanya perlu menyesuaikan ukuran dan warnanya sehingga cocok di letakkan di dapur anda. Pemilihan warna dengan perbedaan yang mencolok dapat membuat pemandangan dapur anda terlihat lebih tidak teratur dan kurang menarik. Jika ingin memilih warna yang lebih hidup anda bisa memilih warna yang sedikit cerah namun tetap elegan seperti kuning.

  1. Menyesuaikan Dengan Tema Ruangan

Dalam memilih kitchen set sebaiknya anda menyesuaikan dengan tema ruangan dapur.  Sebelumnya anda harus membuat desain dapur terlebih dahulu sehingga dapat menentukan pemilihan lemari kabinet yang sesuai. Selanjutnya anda dapat menyesuaikan warna, ukuran dan model lemari kabinet agar cocok dengan tema dapur. Penyesuaian tema akan menambah kesan minimalis pada rumah anda sehingga tampak lebih sederhana dan menarik.

Selain itu, anda juga perlu memilih model lemari yang lebih stylish dan tahan lama seperti lemari kabinet alumunium akan akan lebih mudah membersihkannya dari sisa –sisa kotoran setelah memasak. Sifatnya yang anti karat membuat lemari kabiet bersifat lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Selain itu, hal ini menjadi langkah awal anda utuk ikut berpartisipasi menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan, karena alumunium bisa didaur ulang.

unsplash.com
  1. Menyesuaikan Dengan Ukuran Dapur

Sebelum membeli lemari kabinet, sebaiknya anda memperhitungkan mengenaik ukuranya apakah sudah sesuai jika ditempatkan di dapur. Jangan sampai anda memilihnya hanya karena warna dan tampilannya yang menarik sehingga melupakan ukurannya yang terlalu besar dan sulit diletakkan di dapur. Ukuran kitchen set sangat beragam mulai dari yang besar higga yang terkecil. Jika anda memiliki rumah dengan desain yag minimalis, sebaiknya anda memilih ukuran kecil.

Ukuran lemari kabinet kayu biasanya memiliki ukuran lebar 60 cm, tiggi 85 cm dan panjang sekitar 300 cm. Namun, jika anda menginginkan ukuran standar, anda bisa memilih ukuran kabinet bawah dengan panjang 200 cm, tinggi 70 cm dan lebar 60 cm. Sedangkan untuk ukuran kabinet atas yaitu panjang 100 cm, lebar 30 cm dan tinggi 30 cm. Selain memperhitungkan ukuran, anda juga sebaiknya memperhatikan lokasi yang tepat untuk peletakan lemari kabinet tersebut.

  1. Pemilihan Bahan yang Tepat

Bahan lemari kabinet juga harus diperhitungkan sebelum anda memilihnya. Anda bisa memilih berbagai macam material bahan yang digunakan untuk membuat lemari kabinet mulai dari kayu, alumunium hingga ikea. Salah satu pertimbangan dalam memilih bahan adalah tingkat keluwesan, daya tahan, desain, serta kemudahan pemindahannya. Pemilihan bahan yang tepat akan membuat anda lebih nyaman saat melakukan aktivitas di dapur.

Jika ingin menggunakan bahan yang tahan lama dan tidak mudah berkarat, sebaiknya anda memilih kitchen set dengan bahan alumunium. Anda akan lebih hemat karena tidak bolak-balik mengganti lemari kabinet yang diakibatkan karena kerusakan. Selain itu bahan alumunium juga lebih mudah dibersihkan dibandingkan berbahan kayu. Namun, untuk masalah harga bahan material alumunium biasanya lebih mahal dibandingkan dengan bahan lainya.

Namun jika anda menginginkan kesan dapur yang lebih klasik dan elegan, desain lemari kabinet dengan bahan kayu akan lebih cocok. Selain itu, pemilihan bahan ini juga akan menambah desain dapur sehingga terlihat lebih mewah dan eksklusif. Anda juga lebih mudah menempatkan lemari kabinet dengan bahan kayu karena lebih mudah menyesuaikan dengan tema dapur. Anda dapat mencari tahu di https://ruangarsitek.id  untuk memilih jenis bahan yang sesuai.

unsplash.com
  1. Memilih yang Sesuai dengan Bugdet

Pertimbangan bugdet yang digunakan dalam memilih kitchen set merupakan salah satu hal yang sangat penting. Memilih lemari kabinet tanpa memperhitungkan bugdet bisa menyebabkan pengeluaran ada membengkak. Hal ini tentunya akan berdampak negatif pada keuangan anda yang dapat menyebabkan minus sehingga menjadi tidak stabil. Maka dari itu, sebaiknya anda mencari lemari kabinet yang murah dengan kualitas yang bagus.

Jika sudah menyisihkan uang untuk membeli lemari kabinet, anda dapat mencari harga yang sesuai. Tidak harus memilih dengan harga yang mahal, yang paling  penting adalah anda dapat menyimpan barang-barang dapur sehingga tampak lebih rapi. Jika ingin lemari kabinet bisa bertahan lebih lama, sebaiknya anda melakukan perawatan yang tepat sehingga tidak cepat rusak dan menggantinya.

unsplash.com
  1. Hindari Kabinet Terbuka yang Lebih Banyak

Penggunaan kabinet yang terbuka memang dapat memudahkan anda untuk mengambil atau menaruh barang-barang dapur. Namun, kabinet terbuka yang terlalu banyak bisa menyebabkan dapur anda akan terlihat lebih berantakan, sehingga fungsi dari kitchen set sendiri kurang efektif. Selain itu, lemari kabinet yang terbuka juga bisa menyebabkan barang-barang dapur yang jarang dipakai lebih mudah usang dan rusak.

Kondisi desain dapur yang  minimalis juga menjadi pertimbangan pemilihan storage yang lebih tertutup. Hal ini karena dengan barang-barang yang lebih mudah dilihat dari luar akan memberikan kesan dapur yang sesak dan penuh. Memilih lemari kabinet dengan rak laci akan memudahkan pekerjaan anda ketika memasak di dapur.

Pemilihan desain lemari kabinet memang harus mempertimbangkan beberapa hal. Kesalahan dalam menentukannya bisa menyebabkan fungsinya berkurang atau menghilang. Seperti penggunaan lemari kabinet yang terbuka bisa menyebabkan peralatan dapur terlihat berantakan sehingga dapur tidak rapi. Selain itu, beberapa kesalahan seringkali terjadi saat memilih lemari kabinet, seperti pemilihan yang terlalu mengikuti tren sehingga melupakan keawetannya.

Leave a Comment