Keunikan Tari Aceh Yang Harus Diketahui

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keberagaman budaya didaeerah daerahnya. Keragaman budaya menjadi ciri khas negeri kita ini. Hampir setiap daerah memiliki keunikannya masing masing. Kali ini kita akan membahas salah satu budaya di provinsi paling ujung di Indonesia yaitu Aceh. Salah satu yang menarik dari Aceh yaitu tariannya.

Tentang Tari Aceh

Diakui UNESCO

Aceh adalah provinsi istimewa yang memiliki budaya yang unik. Bahkan tarian Aceh sudah diakui dunia lewat UNESCO. Hal ini menunjukkan sebuah apresiasi terhadap budaya Aceh tersebut. Budaya ini tetap lestari tidak hanya oleh generasi tua bahkan anak muda turut serta melestarikannya.

Tarian Aceh dan berbagai budaya lainnya merupakan perpaduan antara nilai lokal dan nilai islam. Kedua unsur ini bersatu dan menghasilkan budaya yang kaya dan menambah daya tarik yang tinggi.

Macam-Macam Tari Aceh

Beberapa tari yang terkenal dari Aceh yaitu tari saman, laweut, dan rapai geleng

Tari Saman

Pertama adalah tari saman,  tari ini sangat terkenal karena sering dipentaskan dibeberapa acara seperti nasional bahkan sampai ke luar negeri. Tarian ini diciptakan oleh Syech Saman yang merupakan ulama dari Gayo. Kepopulerannya tarian ini bahkan sampai diakui oleh UNESCO. Tarian yang biasanya diiringi oleh syair-syair bahas Arab ini memiliki gerakan kompak yang energik, cepat dan menimbulkan keselamatan antara pemain satu dengan yang lainnya. Tarian etnis Gayo ini dimainkan tidak menggunakan alat musik, melainkan dengan bunyi alami dari gerakan tubuh

Tari Laweut

Selanjutnya adalah tari laweut. Tarian ini memiliki makna sebagai puji pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Tarian yang dimainkan oleh 8 orang penari dan satu penyanyi ini berasal dari daerah Pidie.

Media penyebaran agama Islam salahsatunya dahulu menggunakan Tarian Adat ini. Tarian ini hampir mirip dengan tari saman akan tetapi pada tari ini dimainkan dengan berdiri.

Tari Rapai Geleng

Tari selanjutnya adalah tari Rapai Geleng. Tarian yang berasal dari manggeng ini memiliki kemiripan denganbtidak saman. Yang membedakan tarian ini dengan tari saman adalah musik pengiringannya. Pada tari Rapai Geleng, tarian  diiringi musik rapai yang merupaka tamborin kecil. Musik rapai kini dikenal juga dengan sebutan rebana

Tarian ini memiliki gerakan yang rumit dan butuh kekompakan tinggi, biasanya dimainkan oleh 11 pria. Kerumitan gerakannya membuat tarian ini sangat menarik.

Tari tarian ini menghiasi kebudayaan Aceh. Dengan n hadirnya keunikan budaya ini menjadikan tanah Aceh semakin kaya akan nilai nilai kutuk yang harus kita lestarikan keberadaannya.

Leave a Comment