Kedahsyatan Surat Yasin Yang Harus Diketahui

Hadirnya Al quran bagi umat muslim tak hanya sebagai kitab suci, tapi juga sebagai petunjuk untuk menjalani kehidupan. Apalagi setiap surat yang ada dalam Al quran memiliki keistimewaan apabila diamalkan. Seperti halnya pada Surat Yasin yang miliki banyak keistimewaan. Surat yang menjadi surat ke 36 dalam kalam Quran ini memiliki kandungan yang cukup luas. Lebih jelasnya yuk simak Kedasyaratan surat dengan 83 ayat dalam ulasan berikut.

Keistimewaan dan Kedahsayatan Yasin Yang Harus Anda Tahu

  1. Diampuni Segala Dosa

Setiap makhluk yang hidup tentu saja pernah melakukan dosa. Entah itu dosa yang disadari dan dosa yang tak disadari. Terkadang memang masih menganggap bahwa dosa yang dilakukan adalah dosa kecil. dosa kecil yang selama sebulan ditabung juga akan sangat banyak hingga tak bisa dihitung. Setiap dosa yang dilakukan tentu akan dipertanggungjawabkan pada akhir nanti. Namun, ada amalan yang akan membuat diampuni segala dosa.

Menurut hadist riwayat At Tabrani, Barang siapa yang membaca Yasin di malam hari dan mengharapkan keridhoan Allah maka akan diampuni dosa dosanya. Sehingga jika seorang muslim membaca Yasin pada malam hari, ketika ia bangun akan diampuni segala dosanya. Tentunya untuk menerapkan amalan ini tidaklah susah, apalagi surat ini termasuk surat yang tidak telalu panjang. Bahkan sebagian telah menghafal surat yang kerap di baca untuk tahlil ini.

  1. Mendapatkan Ketenangan Hati

Perlu diketahui jika dunia dan seisinya adalah sementara. Tidak ada yang kekal dan menjamin bahwa bahagia karena dunia bisa mendatangkan ketenangan hati. Ketenangan hati bisa didapatkan jika mampu untuk menyeimbangkan dunia dan akhirat. Hati juga butuh nutrisi yang didapatkan dengan cara berdzikir. Membaca surat Yasin atau surat lainnya sama saja dengan berdzikir yang akan membuat hati menjadi tenang.

Bahkan hal ini telah dijelaskan dalam beberapa firman Allah SWT. Seperti yang tertulis pada urat Ar ra’ad 28 yang menyebutkan bahwa orang yang beriman akan membuat hati mereka tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tentram. Kalam milik Allah itu isinya pasti sehingga akan merasakan ketenangan hati yang sebenarnya, dan bukan lantaran banyak uang atau bergelimang harta.

  1. Terhindar dari Siksa Kubur

Siksa kubur begitu mengerikan dan menakutkan, semua apa yang dilakukan di dunia harus dipertanggung jawabkan di kubur maupun di hari akhir nantinya. Tak perlu dirasakan, membayangkan atau mendengarnya saja sudah membuat tubuh mengingil. Keistimewaan Yasin diyakini bisa meringankan siksa kubur yang mengerikan terebut. Seperti yang dijelaskan dalam tafsir Nur ats tsagalayn. Untuk itu banyak yang membaca surat ini saat mengunjugi makam kerabat.

  1. Mempermudah Sakaratul Maut

Sakaratul maut atau saat dimana ruh dicabut dari raga adalah saat yang menyakitkan. Untuk meringankan sakaratur maut yang akan dialami semua yang hidup, mengamalkan Yasin bisa menjadi salah satunya. Bahkan menurut Al Majmu’syaih Al Muhadzdzab dalam Dar Alim Alkitab menyebutkan jika disunnahkan membaca surat yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian. Niscaya akan memudahkan seseorang itu untuk menghadapi sakaratul mautnya.

Hal ini juga diperkuat dengan hadist riwayat At Thabrani yang menerangkan jika seseorang rutin membaca Yasin setiap malam hari akan dipermudah ajalnya. Dan akan meninggal dalam kondisi syahid. Tentu saja hal ini diidamkan oleh semua muslim. Ternyata caranya juga tidak susah, hanya menambah amalan baik dengan membaca ayat suci Yasin pada malam hari.

  1. Mempermudah Segala Urusan

Keistimewaan Yasin adalah mempermudah masalah hidup yang akan selalu muncul. Masalah merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada umatnya. Dengan terus menguji keimanannya agar tidak pernah goyah dan selalu kembali ke pada-Nya. Masalah juga akan mendewasakan manusia dan harusnya selalu sadar jika masalah datangnya dari Allah, maka mintalah jalan keluarnya langsung ke sang Khalik.

Untuk itulah dengan mengamalkan Yasin, akan membuat masalah yang dilalui selalu dimudahkan. Namun bukan berarti hanya membaca Yasin tanpa menghiraukan ibadah yang lainnya. Apalagi ibadah wajib yang sudah menjadi kewajiban untuk seluruh muslim. Ibadah wajib yang tak pernah lubang ditambah dengan mengamalkan Surat Yasin maka semua masalah bisa dilalui dengan mudah.

  1. Meningkatkan Keimanan

Membaca kalam kalam Qur’an tak hanya akan membuat amalan sholeh saja, dengan memahami isinya akan membuat kita bisa mengambil hikmahnya. Mungkin awalnya tidak mengerti, namun lama kelamaan Allah yang akan membuatnya mengerti. Dengan memahami isi dari Yasin, tak hanya mengenal keagungan Allah. Namun juga bisa membayangkan bagaimana mengerikannya kematian yang pasti akan datang.

Mau sembunyi dimanapun, kematian akan hadir menyapa. Sehingga dengan mengingat kematian niscaya kita akan menjaga perangai dan mematuhi yang telah Allah perintah. Melalui Yasin juga bisa mengenal perjuangan pendakwah pada masa lalu dalam memperjuangkan dan membela Islam. Semua hal ini nantinya akan meningkatkan iman kita, dan hanya melalui bacaan atau mp3 surat Yasin yang istimewa.

Pada dasarnya dengan membaca Al quran akan membuat jiwa tenang dan tenteram. Amalan membaca Quran juga akan menjadi syafaat di hari kiamat nantinya. Dengan mengetahui keistimewaan Yasin, semakin membuat ringan diri untuk mengamalkannya. Apalagi surat ini tak memiliki ayat yang panjang dan kerap di baca saat saat tertentu.

Leave a Comment