Jangan Abaikan Manfaat Kacang Tanah!

Siapa yang tidak pernah makan kacang tanah? Wah, kebanyakan dari orang Indonesia tentu sudah pernah mengkonsumsi kacang tanah, kan? Kacang tanah dapat diolah menjadi camilan atau bahan olahan kue lainnya. Jadi, jangan heran jika Anda menemukan banyak sekali jenis makanan berrbeda bentuk dan rasa tetapi memiliki bahan dasar atau pelengkap yang sama, yaitu kacang tanah.

 

Kacang tanah sendiri mudah sekali ditemukan di banyak penjual dalam bentuk kacang mentah, kacang kupas, atau dalam bentuk lainnya. Tanaman yang cocok untuk hidup di lingkungan Indonesia ini merupakan salah satu tanaman yang cukup banyak dicari. Selain dapat dijadikan bahan makanan untuk dikonsumsi, kacang dengan nama latin Arachis hypogaea L. ini juga memiliki segudang manfaat lain yang sulit untuk dilewatkan atau diabaikan.

 

Manfaat kacang tanah

Sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak penggemar, kacang yang pemasakan buahnya di dalam tanah ini tentunya memiliki rasa yang enak dan membuat orang merasa ketagihan. Apalagi jika kacang tanah dijadikan camilan, wah pasti banyak sekali orang yang susah berhenti mengunyah camilan kacang tersebut.

 

Namun, apa benar jika manfaat yang dapat diambil dari kacang tanah hanyalah sebagai camilan? Tentu tidak, dong. Mari simak beberapa manfaat kacang yang satu ini yang mungkin banyak orang belum tahu, bahkan pencinta kacang sekali pun!

  1. Penstabil kolesterol pada tubuh

Wah, apa benar kolesterol tubuh dapat diseimbangkan oleh kacang tanah? Bagamiana bisa? Jadi, dalam kacang tanah yang biasa dikonsumsi terdapat mono asam lemak tidak jenuh. Jenis asam lemak yang  satu ini konon katanya dapat menstabilkan kolesterol pada tubuh seseorang.

  1. Membantu menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi tentu akan menjadi masalah nantinya. Nah, bagi seseorang yang tidak memiliki masalah jika mengkonsumsi kacang, mungkin dapat mulai melirik kacang untuk sedikit membantu mengatasi kadar gula darah. Menurut para peneliti, kacang tanah memiliki kandungan mangan yang mana seperti banyak orang tahu dapat menyerap kelebihan glukosa dan kalsium.

Namun, bukan berarti dengan konsumsi kacang tanah, Anda dapat terbebas dari penyakit.

Leave a Comment