Inilah Beberapa Fungsi Sekam Padi

Sekam Padi – Bagai Padi di dalam Sekam. Siapa yang tidak kenal dengan peribahasa yang satu ini? Meskipun pernah mendengar dan tidak tahu apa artinya, pada dasarnya padi memang memiliki sekam sebelum padi diselip menjadi beras. Nah! Omong-omong, sekam adalah kulit beras dengan warna kekuningan emas yang kering, cenderung tampak bersisik, dan juga tidak dapat dimakan karena yang kita makan adalah butiran di dalam sekam yang disebut beras.

1) Fungsi Sekam Padi

Siapa bilang yang hanya dapat dimanfaatkan dari padi hanya berasnya saja? Eits! Jangan salah! Meski sudah menjadi beras, ternyata sisa-sisa beras yang berupa sekam ini dapat kita manfaatkan sebagai campuran pakan hewan, lho! Biasanya yang memakan rumput dengan campuran sekam ini golongan hewan seperti sapi dan kuda. Namun, ada lagi nih fungsi sekam. Di antaranya adalah untuk alas kandang. Sekam dapat digunakan sebagai alas kandang karena sekam mampu menahan kelembapan dari dasar bumi sehingga meminimalisir rasa dingin. Selain itu, sekam juga dapat dimanfaatkan sebagai atap gubuk sawah, sebagai pupuk, dan juga meskipun sekam itu sudah dibakar, masih ada manfaatnya lho! Yups! Kamu bisa menjadikan sekam yag sudah dibakar sebagai arang.

2) Anatomi Sekam Padi

Sekam padi, adalah salah satu bagian dari tanaman padi yang terbentuk dari perhiasan bunga-bungaan padi yang kerap kali disebut sebagai palea, gulma atau lema. Jika kita lihat sekilas, bagian tongkol pada sekam ini dapat kita jumpai seperti adanya sisik. Nah! Namun, pada padi itu sendiri gluma tampak seperti duri pada bagian pangkalnya. Sementara untuk Palea, palea adalah bagian uang disebut sebagai penutupnya namun yang berukuran kecil. Dan Lemma adalah bagian penutup yang besar. Namun, pada varietes tertentu lema memiliki bulu, guys! Nah! Pada pembentukan bunga gandum inilah tiga bagian yang sangat berpengaruh dan diperlukan.

Itulah sedikit informasi mengenai sekam padi. Setelah mengenal namanya, juga tentu kamu mendapatkan informasi berupa mengerti akan fungsi dan juga sekam padi, bukan?

Leave a Comment