Ini Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Yang Patut Diwaspadai

Sakit perut sebelah kiri bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kondisi yang ringan hingga gangguan kesehatan yang berat. Sakit perut memang merupakan gejala yang paling umum untuk berbagai penyakit lainnya. Oleh karena itu, jangan sepelekan sakit perut yang Anda rasakan dan ketahui apa penyebabnya. Terutama untuk sakit perut di bagian sebelah kiri yang bisa jadi pertanda kondisi serius lainnya.

Nah, berikut ini penyebab sakit perut di sebelah kiri yang perlu di waspadai:

  1. Gastritris

Gastritris adalah kondisi di mana lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan. Kondisi ini memunculkan gejala berupa nyeri perut di sebelah kiri atas, mual, muntah dan rasa penuh pada perut atas setelah makan.

  1. Penyakit Ginjal

Nyeri perut di bagian sebelah kiri bawah dapat disebabkan oleh infeksi di ginjal atau adanya batu ginjal. Pada infeksi ginjal, nyeri perut disertai dengan demam, mual, muntah dan nyeri di pangkal paha. Sementara pada batu ginjal, disertai dengan keinginan buang air terus menerus hingga hematuria.

  1. Peradangan Pankreas

Pankreas terletak di bagian sisi kiri atas perut, itulah kenapa nyeri perut ini akan muncul ketika pankreas mengalami peradangan. Rasa sakit ini biasanya semakin parah jika dipakai berbaring, makan dan minum.

Selain tiga kondisi serius di atas, sebenarnya masih ada banyak penyebab lain yang bisa menimbulkan rasa sakit pada perut bagian kiri. Karena itulah, ada baiknya periksakan dan konsultasikan keluhan yang Anda rasakan ke dokter.

Leave a Comment