Komponen dan Harga Laptop

Berbicara mengenai komputer jinjing atau yang sering disebut dengan laptop tentu sudah tidak asing lagi. Bahkan oleh sebagian besar orang menganggap laptop adalah aset yang berharga. Dikatakan berharga karena kebanyakan aktivitas saat ini sangat membutuhkan laptop.

Bukan hanya sekedar alat ketik namun jauh lebih dari itu. Dalam dunia portal, laptop sebagai penghubung segala akses kebutuhan. Laptop merupakan inovasi dari komputer yang diperkecil dan diperingan segala komponennya. Sebagai perangkat elektronik, Anda perlu mengetahui bagian-bagian dari laptop dan fungsinya.

Namun sebelum masuk itu, ada beberapa jenis laptop yang perlu juga untuk diperhatikan. Diantaranya ada Notebook atau laptop biasa dengan ukuran secara umum 10 inchi. Kemudaian adapula Netbook dengan intel atom sebagai prosesornya. Ada pula Mainstrem dengan prosesor yang lebih tinggi dan terakhit Tablet PC.

Bagian-Bagian Laptop dan Fungsinya

Laptop merupakan alat elektronik dengan sistem khusus yang memudahkan bagi para penggunananya. Jika dimanfaatkan dan dirawat dengan baik dan benar, tentu aset ini tidak akan menjadi kewajiban. Banyak sekali fungsi dari laptop itu sendiri seperti mengetik teks, menyimpan data, mengolah data, mencari informasi dan sebagainya.

Ada banyak komponen dari laptop beserta fungsinya yang harus Anda pahami. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menggunakannya dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Cashing

Tampilan awal pada pertama kali melihatnya tentu dari sisi cashing. Cashing ini merupakan tempat yang terdapat komponen lain agar tepasang dengan LCD, Motherboard dan lain sebagainya.

  • Hardisk

Haridsk merupakan perangkat yang akan menyimpan data-data Anda secara aman. Ketika Anda melakukan install ulang, biasanya file yang ada di luar hardisk akan hilang. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyimpannya di dalam hardisk.

pxhere.com
  • Motherboard

Motherboard atau yang sering disebut Mainboard merupakan seperangkat komponen elektronik yang akan menghubungkan dengan komponen lain. Motherboard inilah yang akan membuat penilaian kinerja komputer baik atau tidak. Perangkat ini berfungsi untuk memasang komponen utama seperti Chipset, prosesor, dan lainnya.

  • Keyboard

Keyboard merupakan komponen yang berfungsi untuk melakukan penginputan data berupa angka, huruf dan berbagai simbol. Oleh karena itu, jika tidak berfungsi maka Anda akan kesulitan untuk mengetik ejaan yang benar.

  • Prosesor

Prosesor merupakan otak dari laptop itu sendiri. Semua aktifitas akan melalui prosesor terlebih dahulu sebelum muncul pada pada perangkat output.

  • LCD

LCD ini berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah melalui tahap proses yang dapat berupa text maupun gambar.

  • TouchPad

Jika pada komputer, tentu Anda akan menggunakan mouse sebagai alat yang akan menggerakan kursor. Sama halnya dengan TouchPad yang akan menggerakan pointer pada layar LCD.

  • RAM

RAM atau Random Access Memory ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan dari proses itu sendiri. Semakin besar maka kualitasnya akan semakin baik pula. RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum nantinya masuk pada penyimpanan data permanen.

  • Baterai

Tanpa batrai maka akan sangat sulit untuk membawa laptop kemana-mana. Oleh karenanya, batrai ini berfungsi untuk menyuplai dan menyimpan daya.

  • Kipas

Kipas ini sebagai alat pendingin terutama untuk bagian prosesor yang akan bekerja secara terus menerus.

  • DVD

Perangkat periperal ini akan sangat membantu terutama bagi data yang tersimpan di CD.

  • Wireless Card

Wireless Card ini akan sangat dibutuhkan agar bisa terhubung dengan sinyal WiFi. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya untuk hal-hal yang berhubungan dengan internet. Sehingga arus yang timbul akan semakin cepat.

Demikian beberapa bagian utama dari laptop yang secara umum dimilikinya. Semakin maju teknologinya, maka laptop tentu akan terus dikembangkan baik komponen maupun performanya.

pxhere.com

Harga Laptop

Banyak sekali brand terkenal yang terjun di dunia publik seperti laptop ini. Harga laptop yang ditawarkannyapun beragam, mulai dari harga rendah atau standar sampai dengan harga tinggi. Di Indonesia sendiri banyak merek laptop yang menjadi incaran bagi berbagai kalangan.

Berbicara tentang harga maka masing-masing merek tentu memiliki strateginya sendiri-sendiri. Merek-merek laptop seperti Lenovo, Samsung, Asus, Toshiba, Hp, bahkan Apple turut mewarnai ragam laptop. Dunia portal selau menunjukan eksistensinya lewat berbagai keunggulan yang dimiliki.

Secara umum penetapan harga pada laptop tergantung dengan perusahaan, gerai,  merek, tampilan, performa, RAM dan berbagai spesifikasi lainnya. Harga laptop tentu akan sangat mempengaruhi keputusan pembelian. Pasalnya setiap orang tentu memiliki selera dan pendapatannya masing-masing.

Den kebanyakan memilih laptop dengan harga standar. Karena harga yang mahal, biasanya hanya dimiliki dan dipilih oleh kalangan tertentu. Mengambil resiko harga mahal tentu akan melihat marketnya dan keunggulan yang dimilikinya.

Demikian penjelasan mengenai harga laptop beserta komponen-komponen yang ada di dalamnya sekaligus fungsinya. Sehingga Anda akan lebih mahir dalam menggunakannya.

 

Leave a Comment