Jenis-jenis Gitar Listrik

Gitar elektrik memiliki perbedaan yang sangat mendasar dengan gitar akustik. Hal ini bisa kita lihat dari sumber bunyi yang dihasilkan. Jika gitar akustik ini menghasilkan bunyi dari resonansi getaran senar maka untuk gitar elektrik ini menghasilkan bunyi dari pengubahan getaran menjadi arus listrik. Getaran ini nantinya akan dikuatkan dengan amplifier dan juga loud speaker.

Menurut sejarahnya, gitar elektrik ini dikembangkan oleh para gitaris jazz dimana mereka menggunakan amplifier hollow bodies dalam hal mendapatkan suara yang lebih keras lagi. Lambat laun, gitar elektrik digunakan sebagai instrumen kunci terutama dalam perkembangan musik sejak 1940.

Hal ini ditandai dengan lahirnya Chicago Blues, Blues rock 1962, rock n roll dll. Menurut perkembangannya telah ada empat jenis gitar elektrik. Diantaranya adalah

Gitar Solid Body

Pertama ada jenis gitar solid body. Jika dibandingkan dengan jenis gitar lainnya, maka gitar solid body merupakan jenis gitar listrik yang paling serbaguna. Oleh karena itu, gitar ini diangkat sebagai gitar yang paling populer serta paling banyak dijual. Gitar ini sangat unik karena bisa digunakan untuk mengiringi berbagai jenis genre musik. Mulai dari musik jazz, rock, heavy metal, blues nisa dimainkan oleh gitar ini. Namun kembali lagi pada keterampilan dari si pemain serta aksesoris gitar yang digunakannya.

Jika kita tinjau dari karakteristiknya maka gitar ini memiliki bentuk seperti namanya. Gitar ini dibuat dari kayu pada atau solid dimana kayu tersebut tidak dilengkapi dengan lubang resonansi atau soundhole. Dimana lubang resonansi biasa kita temukan di gitar-gitar akustik. Untuk lapisan bodinya sendiri terdiri dari dua hingga dua belas Lapis yang dirangkai dalam satu kayu yang utuh. Lapis kayu ini sangat berpengaruh pada nada yang dihasilkannya. Jika Lapis kayu pada bodinya lebih banyak maka tingkat sustain hingga resonansinya akan semakin rendah. Untuk bagian pickup dan juga alat kelistrikan dipasangkan pada bagian dalam gitar ini. Sementara itu untuk bentuknya sangatlah beragam. Namun jika kita lihat gitar yang paling populer adalah gitar denga bentuk les Paulm Stratocaster, Telecaaster, dan Gibson SG.

pexels.com

Gitar Semi-Akustik

Berikutnya ada jenis gitar semi akustik. Jika kita lihat secara sekilas, maka gitar elektrik dengan jenis semi akustik ini hampir mirip dengan gitar solid body, bedanya adalah untuk gitar semi-akustik terdapat bagian hollow sound box. Ukuran dari hollow sound box ini cukup besar, letaknya ada di bagian body gitar. Dengan hollow sound box ini digunakan untuk menghasilkan suara yang lebih nyaring. Dengan begitu untuk gitar akustik-elektrik tidak membutuhkan amplifier khususnya ketika dimainkan pada ruangan tang kecil. Untuk bahan dasar dari sound box di gitar semi-akustik ini terbuat dari bahan logam, dengan begitu suara yang dihasilkan akan lebih berkualitas jika kita bandingkan dengan gitar akustik. Karena namanya adalah gitar semi akustik atau akustik-elektrik maka gitar ini bisa dimainkan baik sebagai gitar akustik ataupun sebagai gitar elektrik. Gitar ini memiliki harga yang relatif mahal. Dilengkapi dengan potongan ruang yang beragam, bentuk, kedalaman, body, dan ukuran. Gitar ini sangat fleksibel dan bisa digunakan sebagai pengiring lagu apapun.

pexels.com

Gitar Elektrik-Akustik

Jenis gitar listrik selanjutnya adalah gitar Elektrik-Akustik. Seperti namanya, gitar ini merupakan perpaduan antara gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar akustik-elektrik ini bisa menghasilkan suara yang sangat baik baik menggunakan amplifier ataupun dengan cara alami. Mengapa dinamakan gitar akustik-elektrik? Hal ini karena perpaduan antara kedua gitar tersebut bersatu dalam gitar ini. Pada gitar ini kita bisa menemukan lubang resonansi layaknya gitar akustik. Namun untuk suara dan pimped dikeluarkan secara elektronik. Gitar dengab jenis ini bisa anda pasangkan dengan pickup dan mikrofon built-in. Anda bahkan juga bisa menambahkannya dengan sensor Piezo dimana sensor ini sangat sensitif dalam hal mengambil getaran lalu memperkuatnya ke dalam mixer ataupun alat rekaman lainnya.

Gitar Archtop

Selanjutnya ada gitar archtop, gitar ini merupakan jenis gitar listrik berbentuk semi hollow bodies dan dilengkapi dengan senar baja. Gitar ini sangat disukai oleh para musisi jazz di seluruh dunia. Jika kita lihat dari tampilannya maka di bagian luar kita bisa mengenali gitar ini sebagai gitar akustik atau elektrik. Bahkan oleh orang awam sering menyebutnya dengan biola besar. Untuk bagian top body, gitar ini berbeda dengan jenis gitar akustik. Dimana gitar ini terbuat dari bahan maple. Untuk gitar akustik dibuat menggunakan bahan kayu spruce. Ketika anda memainkan gitar ini maka suaranya akan lebih mirip layaknya gitar elektrik konvensional namun lebih mellow.

pexels.com

Gitar ini identik dengan model musik jazz, hal ini dikarenakan karakter dari suara gitar ini sangat cocok dengan aliran jazz. Bahkan gitar dengan nama Gibson ES 175 yang merupakan gitar archtop paling terkenal pernah dipromosikan oleh Steve Howe, Wes Montgomery hingga Joe Pass.

Kesimpulan

Diatas merupakan jenijenis gitar elektrik. Segala jenis gitar yang menggunakan sentuhan tenaga listrik sebagai sumber suaranya dinamakan gitar elektrik, mungkin gitar elektrik ini memiliki jenis yang lebih banyak namun pada umumnya ditemukan empat jenis tersebut.

Dan tidak ada perbedaan ketika kita memainkan Kunci Gitar akustik dan elektrik, semua jenis gitar memiliki kunci dasar yang sama.

 

Leave a Comment