Fungsi Kode Bank Negara Indonesia

Di negara Indonesia tercinta ini ada banyak bank nasional yang biasa digunakan masyarakat untuk melakukan barbagai aktivitas finansial. Bukan hanya untuk menabung saja, orang pergi ke bank juga untuk melakukan aktivitas keuangan lain seperti transfer dana dan sebagainya. Aktivitas perbankan tersebut tidak hanya bisa dilakukan dengan datang ke kantor bank melainkan juga bisa dilakukan melalui ATM atau Anjungan Tunai Mandiri.

Nah, saat melakukan transaksi perbankan lewat mesin ATM, untuk jenis aktivasi tertentu Anda diminta untuk memasukkan sebuah kode. Sandi atau kode tersebut biasanya terdiri dari 3 angka yang disebut sebagai kode bank. Sebenarnya apa fungsi dari kode tersebut? Cek di bawah ini.

Fungsi Kode Bank

Identitas Bank

Kode atau sandi yang terdiri dari 3 angka tersebut berfungsi sebagai identitas yang akan membedakan bank satu dengan lainnya. Identitas tersebut dibuat dengan tujuan menghindari adanya kesalahan transaksi pada bank.

Memudahkan Transaksi

Anda akan diminta untuk memasukkan kode bank saat melakukan transfer dana antar bank. Pemindahan dana yang dilakukan lewat ATM tersebut haruslah sesuai dengan bank tujuan. Kode bank akan memudahkan Anda untuk melakukan transfer dana antar bank.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *