Adab dan Doa Memasuki Masjid

Islam merupakan agama mayoritas yang dianut oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika Anda dapat dengan mudah menemukan masjid di berbagai daerah. Terutama di Pulau Jawa yang notabene mayoritas penduduknya beragama Islam. Bahkan terdapat beberapa masjid megah nan indah yang memiliki cerita sejarahnya masing-masing.

Setiap agama pasti akan mengajarkan para umatnya untuk selalu memanjatkan doa di segala situasi dan juga kondisi. Begitu pula agama Islam. Umat muslim diwajibkan untuk membaca doa ketika akan melakukan sesuatu. Mulai dari hal-hal sederhana hingga hal-hal penting semuanya harus diawal dengan niat dan juga doa.

Membaca doa ketika akan melakukan sesuatu memiliki maksud agar kita sebagai umat muslim senantiasa selalu mengingat Allah SWT kapanpun dan dimanapun. Membaca doa juga berlaku ketika kita akan memasuki masjid guna melaksanakan ibadah sholat. Baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah lainnya.

Seperti yang kita tahu, masjid merupakan tempat ibadah umat Islam yang sangat dijaga kesuciannya serta menjadi tempat yang mulia dan sering kali disebut sebagai rumah Allah SWT. Maka dari itu, sebelum melaksanakan kegiatan di dalam masjid, terlebih dahulu kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk membaca doa memasuki masjid.

Sebelum masuk ke dalam masjid, sebelumnya Anda harus membaca doa dengan lafaz, “Allahummaf tahlii abwaaba rohmatik.” Arti dari doa untuk masuk ke masjid adalah agar Allah SWT senantiasa memberikan pintu rahmat kepada para hambanya. Selain itu, disunahkan pula untuk mendahulukan kaki kanan ketika akan memasuki masjid.

unsplash.com

Adab Masuk Masjid

Sebagai tempat ibadah sekaligus rumah Allah SWT terdapat beberapa adab yang harus dilakukan ketika berada di dalam masjid. Di bawah ini adalah beberapa adab yang harus diperhatikan ketika berada di masjid.

Niat Lillahita’ala

Alangkah baiknya jika berkunjung ke masjid dikarenakan niat kepada Allah SWT dan ikhlas menjalankan ibadah yang dilakukan selama berada di masjid. Jangan sampai kita datang ke masjid dengan niat untuk mendapatkan pujian dari orang lain dan bukan karena Allah SWT.

Menggunakan Pakaian yang Terbaik

Masjid merupakan tempat ibadah yang selalu dijaga kesuciannya. Oleh karena itu, disarankan untuk memakai pakaian terbaik yang dimiliki ketika akan ke masjid. Selain itu, disunahkan pula untuk bersiwak serta menggunakan wewangian dan juga menutup aurat sesuai dengan ketentuan dalam Islam.

Segera Menuju ke Masjid

Apabila seruan adzan telah berkumandang, maka segeralah untuk pergi ke masjid. Tidak baik apabila mengulur-ulur waktu sholat padahal suara adzan sudah memanggil. Orang-orang di shaf pertama adalah mereka yang beruntung karena akan mendapatkan keutamaan dari Allah SWT.

unsplash.com

Berjalan Menuju Masjid dengan Tenang dan Khusyuk

Nabi Muhammad SAW melarang hambanya untuk pergi ke masjid dengan terburu-buru meskipun waktu sholat sudah dekat. Alangkah lebih baik bila kita berjalan dengan tenang dan juga khusyuk karena selain akan mengganggu jamaah lain, pahala yang didapatkan pun akan berkurang.

Adab Wanita untuk ke Masjid

Wanita memang tidak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah di masjid karena lebih baik melakukan sholat di rumah saja. Akan tetapi, bila ia ingin beribadah, maka terdapat adab yang harus diperhatikan, yakni meminta izin kepada mahram atau suaminya agar tidak menimbulkan fitnah serta menutup aurat dengan benar.

Tidak hanya itu saja, wanita juga dilarang untuk memakai perhiasan dan juga menggunakan parfum seperti laki-laki karena dapat menimbulkan fitnah.

Mendahulukan Kaki Kanan

Seperti penjelasan sebelumnya, disunahkan untuk mendahulukan kaki kanan ketika masuk ke dalam masjid. Selain itu, Anda juga harus membaca doa memasuki masjid.

Melakukan Sholat Tahiyatul Masjid3

Sangat disunahkan untuk melakukan sholat tahiyatul masjid sebanyak dua rokaat sebelum duduk. Sholat sunnah ini bisa dilakukan setiap saat ketika seseorang masuk ke dalam masjid dan hendak duduk setelahnya.

unsplash.com

Berdoa dan Berdzikir

Setelah melakukan sholat sunnah dua rokaat, dianjurkan untuk senantiasa berdoa dan berdzikir untuk mengingat Allah SWT. Hindari pembicaraan duniawi yang membuat fokus ibadah kita terpecah. Lebih baik untuk menyibukkan diri dengan melakukan ibadah sunnah lainnya, seperti berdoa dan berdzikir ini.

Setiap masjid pasti selalu dilengkapi dengan karpet masjid yang digunakan sebagai alas untuk menggatikan fungsi sajadah. Keberadaan karpet masjid sangat diperlukan karena tidak semua orang membawa sajadah ketika akan sholat di masjid. Jadi, tidak heran jika Anda akan menemukan karpet ini di seluruh masjid.

Anda dapat menemukan karpet ini di toko jual karpet masjid. Biasanya toko ini menjual dalam ukuran per meter. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masjid itu sendiri. Toko jual karpet masjid ini juga tersedia di berbagai daerah. Harga untuk karpet masjid ini sangat bervariasi dan tergantung pada corak serta kualitas karpet tersebut.