Cara Membuat Martabak Telur

Sjapa sih yang nggak tahu martabak telur? Jajanan sekaligus salah satu makanan yang bisa dijadikan sebagai teman makan ini selain terjangkau harganya ternyata sangat mudah didapatkan. Buat kamu penggemar martabak telur dan biasa membelinya, coba deh kali ini pelajari langkah-langkah cara membuatnya. Jadi, selain menyukai makanannya, kamu juga paham tata cara pembuatannya.

Cara Membuat Martabak Telur

Mau tau? Simak penjelasan berikut!

1. Membuat kulit martabak

Sebelum kamu membuat martabak telur, tentu harus ada kulit martabaknya dulu yang digunakan sebagai wadar martabak telur itu sendiri nantinya. Cara membuat kulit martabak telur adalah:

Masukan tepung terigu dan garam secukuonya ke dalam wadah. Setelah itu, campurkan dengan telur dan aduk hingga merata. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambit mengaduk adonan hingga kalis. Setelah itu, bagi adonan kulit martabak menjadi 2 bagian dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, tinggal dipipihkan dan jadilah adonan kulit martabak telur.

2. Membuat Isi Martabak Telur

Untuk isinya, kamu bisa siapkan bahan:

  • Daging giling atau cincang (bisa sapi atau ayam) 250 gram
  • Daun bawang 5 (iris halus)
  • Bawang putih 4 siung (iris halus)
  • Bawang merah 8 buah (iris halus)
  • Bawang bombay 1 (iris halus)
  • Lada bubuk 1/3 sendok teh
  • Minyak goreng 4 sendok makan saja

Nah! Untuk semua bahan isi ini kita tumis hingga matang ya!

3. Cara membuat martabak telur keseluruhan

Siapkan wajan pipih nan luas dan panaskan minyak goreng di dalamnya. Setelah itu, kamu masukan kulit martabak telur yang sudah dipipihkan lalu tambahkan isi martabak telurnya. Dalam langkah ini kamu oerlu hati-hati agar kulit martabakmu tidak robek. Setelah itu kamu bisa menutupi isi martabaknya dengan berbagai sisi kulit martabak sehingga tertutupi secara keseluruhan. Terakhir digoreng selama beberapa menit sampai matang, angkat dan tiriskan terakhir sajikan bersama pelengkap sesuai keinginan.

Mudah, bukan? Jadi, masih mau beli martabak telurnya atau ingin mencobanya sendiri? Ingat! Bisa jadi berawal dari hobi makan martabak telur membuatmu tergiur untuk membuka ladang usaha, lho!

Leave a Comment