Potensi Menarik Memelihara Burung Kenari Betina

Memang, burung Kenari masih menjadi jenis burung kicauan favorit baik sebagai burung kicauan di rumah maupun sebagai burung kicauan khusus perlombaan. Banyak orang memelihara burung Kenari betina maupun jantan untuk mendapatkan burung peliharaan yang cantik dan rajin berkicau.  Kepopuleran dari burung Kenari kemudian menjadikannya sebagai salah satu komoditas pula.

Mengapa Banyak Orang Memelihara Burung Kenari?

Alasan mengapa banyak orang menyukai burung Kenari sebagai peliharaan adalah karena kualitas yang dimilikinya. Burung mungil nan cantik ini ternyata juga cukup mudah pemeliharaan hariannya. Hal ini karena karakter dasar yang dimilikinya yang mudah beradaptasi. Sehingga banyak pecinta burung, dari kelas pemula sekalipun, bisa merawat Kenari dengan mudah.

Selain dari kecantikan dan kemampuan adaptasinya yang bagus, burung Kenari juga memiliki kualitas lain yang tak kalah menjanjikan. Ya, burung yang satu ini juga sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai burung kicauan. Bahkan banyak perlombaan kicau yang diikuti oleh peserta burung Kenari ini. meskipun demikian, hanya Kenari jantan saja yang memiliki kualitas kicauan yang layak dilombakan tersebut.

Namun meskipun kicauan berkualitas hanya dimiliki oleh Kenari berjenis kelamin jantan, bukan berarti Anda boleh mengesampingkan Kenari betina sebagai peliharaan. Ya, burung Kenari betina tetap memiliki kelebihannya sendiri dibanding Kenari jantan. Potensi yang dimilikinya juga tak kalah menjanjikan.

unsplash.com

Potensi Memelihara Kenari Betina

Untuk saat ini, kebanyakan para pecinta burung di Tanah Air masih menganggap bahwa anakan Kenari betina kurang menarik dipelihara dan harganya juga tak semahal anakan jantan. Anggapan ini didasari ketidakcocokan Kenari betina untuk dilatih dengan masteran Kenari ataupun dijadikan burung kontes sehingga hanya cocok untuk diternak saja.  Jika Anda jeli, beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Kenari betina untuk ternak adalah;

Regenerasi

Di setiap penangkaran Kenari, pasti ada yang namanya proses regenerasi. Proses ini bertujuan untuk mendapatkan jenis kenari unggulan. Nah, bibit Kenari unggul sendiri hanya bisa didapat dari indukan yang juga berkualitas pula. Dan apabila Anda menyiapkan indukan jauh hari sebelum masa regenasi itu tiba, maka Anda memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan bibit-bibit Kenari berkualitas. Caranya? Tentu saja dengan merawat anakan Kenari betina sebaik mungkin sehingga di masa suburnya kelak, ia bisa dikawinkan dengan Kenari jantan unggulan.

Investasi

Jika Anda sudah memahami penjelasan dari potensi pertama di atas, mungkin Anda setuju bahwa akan ada banyak orang yang juga menginginkan memiliki Kenari betina berkualitas pula sebagai pendamping Kenari andalannya. Tentunya hal ini bisa menjadi ladang penghasilan bagi Anda jika mampu menyediakan stok Kenari betina berkualitas. Ingat pula bahwa para Kenari jantan yang ikut kontes juga butuh betina agar lebih stabil saat berlaga.

Kualitas

Memiliki burung Kenari betina juga memungkinkan peluang yang lebih baik bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan lebih. Kenari betina yang dipelihara sejak anakan tentunya akan lebih mudah dikenali karakternya. Sehingga peluang terjadinya burung yang stres hingga mati akan bisa ditekan seminimal mungkin. Selain itu, kualitas kenari dari penangkaran Anda juga akan terjaga kualitasnya karena proses pengawinan lebih terkontrol.

unsplash.com

Produktifitas

Bisa dikatakan bahwa anakan kenari betina berkualitas merupakan kunci kesuksesan dari suatu peternakan Kenari. Bagaimana tidak, anakan-anakan Kenari betina ini kelak akan tumbuh menjadi indukan yang menentukan keberlangsungan dan kredibilitas penangkaran itu sendiri. Indukan Kenari akan merawat anakan Kenari jantan hingga mandiri. Dan masa-masa inilah, Kenari betina memegang peranan yang penting. Produktifitas penangkaran akan ditentukan dalam masa ini.

Dengan memahami potensi yang dimiliki di atas, wajar jika kini Anda semakin yakin untuk memeliara anakan kenari betina untuk percobaan terlebih dahulu. Meskipun sekedar coba-coba, tetap lakukan perawatan terhadap burung Kenari ini dengan penuh perhatian. Hal ini agar setiap proses yang dilakukan mendapat hasil optimal dan menjadi pelajaran berharga bagi Anda.

Lalu bagaimana cara memilih indukan Kenari betina  yang berkualitas?  Anda bisa memulai dengan memilih indukan betina yang memiliki ukuran tubuh besar. Ukuran tubuh penting bagi betina yang akan mengerami telur dalam jumlah banyak. Makin besar ukuran tubuhnya, makin optimal pula dalam mengerami telur.

unsplash.com

Untuk mengenali Kenari betina yang siap dijadikan indukan, Anda bisa melihat bagian anus. Pegang Kenari lalu balikkan posisinya, tiup bulu yang ada di dekat anus untuk mengetahui ada atau tidaknya bulu. Jika sudah tidak ada bulunya dan bagian tonjolan anus terlihat membesar, bisa dikatakan bajwa Kenari tersebut siap dijadikan indukan.

Sementara untuk memilih indukan jantan, Anda bisa menggunakan kriteria burung kontes yang memiliki kicauan nyaring, dengan postur dan warna bulu yang bagus. Biasanya warna bulu yang banyak diminati oleh para pecinta burung Kenari adalah warna kuning. Pastikan pula bahwa indukan  jantan tersebut sudah siap untuk dikawinkan.

Itulah beberapa potensi yang dimiliki oleh Kenari betina dan layak untuk dipertibangkan jika Anda ingin membuat peternakan Kenari. Dengan pemilihan bibit yang unggul, sesuai dengan kriteria indukan yang baik, maka perawatan yang bagus akan menghasilkan bibit-bibit Kenari berkualitas sesuai harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *