Burung Anis Bambu Tak Perlu Perawatan yang Rumit

Jawa merupakan tempat yang dijadikan habitat berbagai jenis burung. Salah satunya burung anis bambu. Banyaknya burung yang satu ini membuat jual beli begitu ramai.

Tidak itu saja. Sekarang, memelihara burung bisa mendatangkan rejeki. Lihat saja banyak peternak burung yang kaya raya. Bukan tanpa alasan. Mereka tahu semakin banyak peminat burung. Entah itu untuk dipelihara di rumah atau untuk kontes.

Mungkin Anda salah satu pecinta burung. Burung apa yang sudah Anda pelihara di rumah? Jika ingin ikut kontes burung, Anda sebaiknya membeli burung anis bambu. Namun, Anda juga perlu tahu bagaimana cara merawat yang benar.

Perawatan Setiap Hari yang Perlu Dilakukan

Secara umum, tidak ada beda antara bagaimana merawat jenis burung satu dengan lainnya. Perawatan burung relatif mudah. Apalagi di Indonesia, pakar burung begitu murah. Berikan saja buang pisang maka burung Anda akan selalu dalam kondisi yang sehat.

Akan tetapi, merawat burung tidak hanya dengan cara memberikan makan setiap hari. Ada hal lain yang tak kalah penting untuk dilakukan. Khusus untuk burung anis bambu, berikut ini perawatan yang wajib Anda perhatikan:

rgbstock.com
  1. Perawatan di Pagi Hari

Percuma saja jika Anda hanya memberikan makanan. Sekalipun itu makanan yang terbaik, hal tersebut tidaklah cukup. Apalagi jika Anda ingin menjadikan burung andalan untuk kontes. Ada hal lain yang harus dilakukan.

Perawatan harus dimulai di pagi buta. Sekitar pukul 5.30, Anda bisa segera mandikan. Namun, jika kondisi sedang hujan, tentu saja udaranya begitu dingin. Sebaiknya tunggu hingga sedikit lebih siang.

Setelah proses memandikan, lanjut ke langkah perawatan selanjutnya, yaitu menjemur. Sebaiknya segera jemur di pagi hari ketika sinar matahari belum begitu menyengat. Misalnya saja menjemur burung pada jam 7 hingga jam 8.

Sebaiknya jangan terlalu lama menjemur burung di luar rumah. Cukup satu jam saja. Itu sudah maksimal. Yang terpenting, Anda jemur setiap hari. Sebentar tapi rutin tiap hari jauh lebih baik daripada lama tapi tidak konsisten.

Lalu, apa langkah perawatan selanjutnya? Ada istilah diangin-anginkan. Artinya, burung dibawa ke halaman rumah yang teduh tapi tetap masih ada di luar rumah. Lakukan langkah ini selama 15 menitan sebelum akhirnya Anda memasukkan burung ke dalam rumah. Selanjutnya, berikan makan burung Anda. Biarkan burung istirahat sebentar.

  1. Perawatan di Siang Hari

Jika jam menunjukkan pukul 12.00, itu waktunya makan siang. Tidak hanya manusia saja yang butuh makan siang, tapi juga burung.

Anda bisa berikan buah-buahah. Burung anis bambu suka sekali dengan buah pisang, apel, atau pir. Pastikan Anda sediakan buah tersebut di rumah.

Sembari memberinya makan, putarkan suara master burung. Gunanya agar burung berlatih. Burug harus lebih sering mendengarkan cuitan master yang bagus. Karena semakin sering burung mendengar, maka burung akan semakin bagus cuitannya.

rgbstock.com

Siapkan materan suara yang berbeda. Ini penting agar burung anis bambu milik Anda bisa membuat cuitan yang berbeda-beda.

  1. Perawatan di Sore Hari

Sudah menginjak petang? Saatnya memberikan makanan lagi. Kali ini, jangan hanya buah saja. Variasikan dengan makanan yang lain. Misalnya saja jangkrik. Cukup dua atau tiga saja. Jangan kebanyakan.

Apakah langit sudah mulai menggelap? Waktunya menutup sangkar burung dengan kerodong. Ini akan membuat burung punya waktu yang panjang untuk tidur. Dan dipastikan tidurnya lelap. Ini penting agar burung bangun pagi dengan penuh semangat.

Jadi, siapa bilang perawatan burung anis bambu ini sulit? Tidak ada yang sulit. Yang terpenting, Anda mau belajar. Itu saja.

Apalagi jika Anda ingin menyiapkan burung untuk kontes. Ada hal lain juga yang perlu untuk Anda perhatikan.

Menyiapkan Burung untuk Kontes

Perawatan burung untuk kontes jelas harus ekstra. Tips merawat burung anis bambu tersebut di atas bisa Anda terapkan setiap hari. Akan tetapi, selang beberapa hari sebelum kontes, harus ada hal lain yang perlu dilakukan.

Misalnya saja memberikan makanan yang lebih bergizi. Setidaknya ini Anda lakukan 3 hari sebelum kontes. Siapkan lebih dari 2-3 jangkrik setiap hari. Dan satu hari sebelum hari H, berikan 4 jangkrik.

Selain itu, penjemuran juga jangan terlalu lamu. Cukup 30 menitan saja. Perbanyak waktu untuk memuatar masteran suara. Mandikan dan pastikan kandang dalam kondisi yang bersih. Ini akan sangat mempengaruhi kesehatan burung.

Jika itu yang Anda lakukan, Anda siap membawa burung anis bambu ke kontes. Dan bersiaplah untuk membawa piala dan hadiah.

 

 

Leave a Comment