Tips Memulai Berbisnis Sparepart Sepeda Motor Yang Sukses

Salah satu faktor yang membuat sebuah bisnis terus bertahan dan sukses sampai sekarang ini adalah adanya permintaan pasar yang tinggi. Adapun salah satu bisnis yang memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi adalah bisnis otomotif.

Apalagi di Indonesia sendiri jumlah peminat kendaraan sepeda motor setiap tahunnya semakin bertambah. Bahkan saking banyaknya jumlah kendaraan sepeda motor yang ada, sampai-sampai bisa menyebabkan kemacetan dimana-dimana.

Tentu dengan jumlah sepeda motor yang begitu banyak di Indonesia hal itu bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan dan menguntungkan. Salah satu bisnis atau usah yang dapat dilakuakan adalah bisnis toko sparepart sepeda motor.

Bukan rahasia lagi jika setiap kendaraan sepeda motor pasti akan mengalami kerusakan pada bagian tertentu setelah digunakan dalam waktu yang lama hingga bertahun-tahun. Adapun salah satu cara untuk memperbaiki bagian yang rusak tersebut adalah dengan menggantinya dengan sparepart yang baru.

Dengan kata lain peluang usaha dibidang sparepart motor terbuka lebar. Bagi kalian yang tertarik ingin membuka bisnis sparepart sepeda motor, berikut ini ada beberapa informasi yang harus kalian perhatikan jika ingin membuka bisnis sparepart sepeda motor.

Perhitungkan Besarnya Modal

Sebelum kalian memutuskan untuk membuka bisnis sparepart sepeda motor, sebaiknya kalian perhitungkan telebih dahulu besarnya modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis sparepart sepeda motor.

Tentu untuk memulai bisnis sparepart motor, modal yang diperlukan juga tidak sedikit. Hal itu tidak lepas dari mahalnya harga sparepart motor, apalagi sparepart motor orisinil yang harus di impor langsung dari pabriknya yang ada diluar negeri tentu akan membuat harganya semakin mahal lagi.

Karena modalnya yang cukup besar, maka kalian harus benar-benar memikirkannya dengan matang. Bagi kalian yang belum memiliki modal yang cukup untuk mengimpor sparepart dari luar negeri secara langsung, mungkin kalian bisa bekerja sama dengan distributor sebagai sales freelance.

Dengan begitu modal yang dikeluarkan akan lebih kecil, jika dibandingkan dengan mengimpor sparepart motor secara langsung.

Pemilihan Lokasi Dan Tempat Usaha

Pemilihan lokasi dan tempat usaha sparepart motor merupakan salah satu hal yang tidak boleh dikesampingkan. Pasalnya lokasi yang strategis dan tempat usaha yang nyaman tentu akan lebih disukai konsumen daripada lokasi yang sulit dijangkau serta tempat yang tidak nyaman.

Pastikan lokasi toko sparepart motor kalian berada di tempat yang strategis sehingga mudah dijangkau konsumen, dengan begitu konsumen juga akan lebih tertarik untuk datang ke toko sparepart motor kalian.

Selain toko sparepart berada di lokasi yang strategis, toko sparepart motor kalian juga harus memiliki tempat yang nyaman untuk konsumen. Misalnya memiliki halaman parkir yang luas, serta menyediakan tempat untuk pemasangan sparepart sepeda motor secara langsung.

Memberikan Pelayanan Baik

Sebuah bisnis yang berkembang dan sukses biasanya tidak lepas dari pelayanananya yang baik kepada konsumennya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelayanan ataupun service kepada konsumen menjadi hal yang penting dalam sebuah bisnis.

Begitu pula ketika kalian membuka bisnis sparepart motor, pelayanan yang baik dan maksimal kepada konsumen tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis sparepart motor yang kalian jalani.

Untuk bisa memberikan pelayanan yang baik tentu harus diawali dengan merekrut karyawan yang memang benar-benar mampu dan sanggup melayani konsumen dengan sebaik mungkin. Selain itu usahakan juga untuk merekrut karyawan yang mengerti dan mengetahui informasi mengenai mesin motor dan hal lainnya yang berhubungan dengan sepeda motor.

Karena karyawan yang direkrut untuk membantu kalian dalam mengembangkan bisnis sparepart motor, selain sebagai seorang teknisi karyawan juga harus bisa memberikan saran kepada konsumen dalam menentukan sparepart motor yang dibutuhkan konsumen.

Jika pelanggan merasakan pelayanan yang baik, tentu pelanggan juga tidak ragu lagi untuk kembali ke toko sparepart sepeda motor kalian.

Mengelola Limbah Sparepart Sepeda Motor

Hal lainnya yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk membuka usaha sparepart sepeda motor adalah limbah sparepart sepda motor itu sendiri.

Biasanya setiap toko sparepart motor akan menghasilkan limbah yang cukup banyak seperti oli bekas, sparepart bekas yang rusak dan masih banyak limbah lainnya lagi.

Tapi jika limbah tersebut bisa dikelola dengan baik, bukan hal sulit kalian bisa mendapatkan tambahan penghasilan yang cukup besar. Pasalnya meskipun kedengarannya hanya limbah, tapi limbah sparepart sepeda motor masih memiliki nilai jual yang cukup lumayan.

Selain itu banyak juga pengepul yang bersedia untuk menerima limbah sparepart sepeda motor seperti oli bekas dan spaepart yang sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Dengan begitu kalian sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk menyingkirkan limbah yang dihasilkan dari toko sparepart sepeda motor kalian.

Selain bisa mendapatkan penghasilan tambahan, dengan menjual limbah sparepart sepeda motor juga dapat menjaga kebersihan lingkungan toko sparepart sepeda motor kalian. Sehingga toko sparepart kalian terlihat lebih rapi dan terawat.

Itulah beberapa informasi mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk membuka bisnis sparepart motor. Dari mulai menentukan lokasi yang strategis dan juga tempat yang nyaman bahkan sampai pengelolaan limbah juga harus diperhatikan jika kalian memutuskan untuk membuka bisnis sparepart sepeda motor.

Leave a Comment