3 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

Salah satu pengganti nasi putih selain beras merah adalah beras hitam. Sama halnya dengan beras merah, beras hitam memiliki nilai gizi yang tinggi dibandingkan dengan beras putih pada umumnya. Selain dapat digunakan untuk pengganti nasi putih, beras hitam baik untuk diet karena kandungan serat yang tinggi. Beberapa manfaat beras hitam untuk kesehatan akan dibahas pada poin berikut.

Beras hitam untuk kesehatan

  1. Memperlancar pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada beras hitam membuatnya bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Beras hitam diketahui mampu meningkatkan aktivitas usus sehingga dapat mencegah sembelit. Tingginya serat pada beras hitam mampu mencegah racun masuk ke dalam tubuh dan membuatnya terbawa keluar bersamaan dengan feses. Sehingga kondisi pencernaan dapat menjadi lebih sehat.

  1. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada beras hitam mampu mengatasi anemia bagi penderita anemia. Hal ini karena terpenuhinya kecukupan akan zat besi. Kandungan zat besi pada beras hitam mampu menyeimbangkan tekanan darah.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin E yang tinggi pada kulit luar beras merah mampu menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Sebagai akibatnya sistem kekebalan tubuh dapat meningkat. Sehingga tubuh tidak mudah mengalami sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *