kralbetbetturkeyikimislibahis1xbetm.infohipas.infohttps://www.wiibet.com/restbetcdn.com Berapa Biaya Haji Plus Dalam Rupiah?  - Ascen

Berapa Biaya Haji Plus dalam Rupiah? 

Seorang muslim yang taat pasti paham, bahwa melaksanakan ibadah haji termasuk dalam rukun Islam. Hukum melaksanakannya adalah fardhu ‘ain. Jadi, apabila seseorang memiliki mental dan fisik yang mumpuni, maka wajib untuk dijalankan. Namun, sebenarnya mental dan fisik saja tidak cukup untuk menunaikan ibadah haji. Diperlukan biaya yang cukup besar untuk bisa mewujudkannya.

Berdasarkan data yang dirangkum dari laman Kementerian Agama, biaya pergi haji reguler dari tahun ke tahunnya mengalami kenaikan. Pada tahun 2016, biaya yang perlu dikeluarkan jamaah adalah sekitar US$2.585 atau sekitar Rp 37,4 juta. Di tahun 2017, biaya haji reguler sedikit mengalami kenaikan, yaitu sebesar US$2.606 atau sekitar Rp 37,7 juta. Tahun 2018, biaya haji reguler mencapai US$2.632 atau sekitar Rp 38,6 juta. Sementara, di tahun 2019 biaya haji reguler tidak mengalami kenaikan, malah justru penurunan, yaitu sekitar US$2.481 atau sekitar 35,9 juta jika dikonversikan dengan kurs dolar US saat ini.

Biaya yang ditetapkan biasanya tidak seragam, tergantung dari embarkasi masing-masing daerah. Biaya ini pun tidak harus disetorkan keseluruhan di awal. Sebab, sistem pembayaran haji mensyaratkan adanya setor dana awal untuk mendapatkan nomor porsi yang juga akan menentukan jadwal keberangkatan ibadah haji. Pelunasannya biasa dilakukan di awal tahun jadwal keberangkatan.

Begitu pula bagi mereka yang memilih menunaikan ibadah haji dengan mengambil paket ONH plus yang dikelola pihak swasta/travel haji di bawah pengawasan Kementerian Agama RI. Biaya total haji yang dikeluarkan untuk paket haji plus memang lebih besar, karena fasilitas yang ditawarkan pun lebih baik dan waktu menunggunya pun tidak selama keberangkatan haji reguler.

Untuk total keseluruhan biaya haji plus missal di travel HaramainKu mengacu pada keberangkatan tahun 2019 sebesar $11500 atau sekitar Rp 166.3 juta untuk paket Quad (berempat), $12500 atau sekitar Rp 180.8 juta untuk paket triple (bertiga), dan $13500 atau sekitar Rp 195,2 juta untuk paket berdua. Sementara, setoran awal paket haji ONH plus sebesar $4500 atau sekitar Rp 65 juta per jamaah. Dengan harga yang tercantum ini, jamaah haji plus sudah mendapatkan fasilitas hotel bintang 5 yang jaraknya sangat dekat dengan Makkah dan Madinah.

Tips Melunasi Biaya Haji

Meski membutuhkan biaya yang cukup besar, setiap tahunnya terdapat sekitar 200.000 jamaah asal Indonesia yang menunaikan ibadah haji. Tentu saja ini semua bisa dilakukan karena adanya niat yang besar untuk menunaikan ibdah dan menyempurnakan rukun Islam ke lima. Apalagi, sistem pembayaran haji yang menerapkan dua kali pembayaran cukup mempermudah jamaah. Nah, berikut ini kami akan membagikan tips menabung untuk setoran awal haji dan membayar biaya pelunasannya:

·       Perencanaan Keuangan yang Matang

Pada dasarnya, setiap orang yang memiliki niat untuk menunaikan ibadah haji biasanya sudah melakukan perencanaan keuangan jauh-jauh hari. Apalagi kita tahu bahwa ibadah haji membutuhkan biaya yang besar sehingga kita perlu mempersiapkan, baik lahir, bathin, ataupun finansial sejak lama. Lakukan perencanaan finansial sedini mungkin sebelum mendaftar sebagai calon jamaah haji.

·       Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Penghasilan tambahan yang nantinya didapatkan ini, sepenuhnya dikhususkan untuk tabungan haji. Sehingga, biaya untuk kebutuhan pokok dan lainnya tidak tersentuh, pun sebaliknya. Beberapa sumber pendapatan tambahan seperti investasi merupakan cara paling efektif untuk meraup pundi-pundi.

Itulah informasi tentang biaya haji serta tips untuk memastikan bahwa biaya haji tidak memberatkan calon jamaah yang memiliki niat mulia untuk pergi ke tanah suci Makkah.