Bagaimana Mekanisme Pengangkutan Air dari Akar Menuju Daun? Ini Penjelasannya

Bagaimana mekanisme pengangkutan air dari akar menuju daun? Air merupakan salah satu komponen penting bagi tumbuhan. Di mana air sangat berperan untuk tumbuhan bisa menghasilkan cadangan makanan dan bertahan hidup. Karena posisi air yang ada di bagian bawah tanaman dan proses penggunaannya terjadi di atas, maka tumbuhan perlu melakukan mekanisme pengangkutan air dari akar ke daun.

Pertama-tama, air akan diserap dari tanah oleh rambut-rambut akar kemudian masuk ke sel epidermis melalui proses secara osmosis. Selanjutnya air akan melewati korteks menuju endodermis dan perisikel. Air kemudian masuk ke jaringan xilem yang terletak di akar lalu selanjutnya bergerak ke xilem batang dan ke xilem daun.

Naiknya air dari akar ke daun ini bukan karena tumbuhan mempunyai kemampuan untuk memompa cairan seperti pada jantung manusia. Melainkan karena adanya daya kapilaritas batang, air dapat diangkut ke bagian tumbuhan lain yang lebih tinggi dan diedarkan keseluruh tubuh tumbuhan. Juga karena adanya penggunaan air di daun atau yang disebut daya isap daun sehingga air naik ke bagian daun.

Itulah mekanisme pengangkutan air dari akar menuju daun pada tumbuhan. Dari ulasan ini dapat kita simpulkan bahwa proses  pengangkutan ini melibatkan tekanan akar, daya kapilaritas batang hingga daya isap daun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *