Anggota Panitia Kecil

Tak hanya Panitia Sembilan saja, Indonesia juga memiliki Panitia Kecil yang memiliki tugas hampir sama juga dengan Panitia Sembilan. Panitia Kecil dibentuk pada saat sidang pertama BPUPKI yaitu pada tanggal 1 Juni 1945 dengan perumusan dasar negara, karena pada saat itu belum BPUPKI belum menghasilkan keputusan akhir mengenai dasar negara dan tentunya membantu dalam pembentukan UUD.

 

Anggota Panitia Kecil sendiri memiliki tugas untuk menampung segala usul yang masuk dan memeriksanya, serta melaporkannya saat sidang pleno BPUPKI diselenggarakan. Panitia sembilan memiliki delapan anggota terbaik milik Indonesia yang juga turut berperan dalam memerdekakan Indonesia dengan menentukan tanggal kemerdekaan.

 

Daftar Anggota Panitia Kecil:

Para anggota Panitia Kecil merupakan anggota terpilih yang juga terbaik sebagai Pahlawan Nasional Indonesia yang berperan penting akan kemerdekaan. Nah berikut ini adalah daftar delapan Anggota panitia Kecil:

  1. Soekarno

Memiliki jabatan yang sama di Panitia Sembilan, Ir. Soekarno menjabat sebagai ketua Panitia Kecil yang ingin membantah tuduhan bahwa ia hanya memandang kaum muslimin saja.

  1. Mohammad Hatta

Wakil Presiden Mohammad Hatta juga menjabat sebagai wakil Panitia Kecil yang masih menjadi partner sang Presiden, Ir. Soekarno.

  1. Mohammad Yamin

Anggota Panitia Kecil, yaitu Mohammad Yamin merupakan seorang ahli hukum yang juga dipilih Ir. Soekarno untuk turut membantu dirinya menyelesaikan perumusan dasar negara.

  1. Soetardjo Kartohadikoesoemo

Sebagai seorang yang menjabat Gubernur Jawa Barat yang pertama, Mas Soetardjo sapaan akrabnya merupakan anggota Panitia Kecil yang bersekolah di STOVIA dan mulai belajar pergerakan dunia dan organisasi.

  1. Oto Iskandardinata

Memiliki julukan si Jalak Harupat, Otto Iskandardinata merupakan Pahlawan Nasional Indonesia merupakan seorang guru yang juga masuk ke dalam anggota Panitia Kecil.

  1. A. Maramis

Menteri Keuangan Indonesia yang pertama, merupakan ahli hukum yang menjadi anggota BPUPKI dan KNIP.

  1. Ki Bagoes Hadikoesoemo

Putra dari abdi dalem agama Islam di Keraton Yogyakarta, Ki Bagoes Hadikoesoemo ahli dalam sastra Jawa, Melayu, Belanda, dan Inggris.

  1. Wahid Hasyim

Yang terakhir, KH. Wahid Hasyim merupakan anggota Panitia Kecil yang menjabat sebagai Menteri Negara dalam Kabibnet Pertama Indonesia.

 

Itulah kedelapan anggota Panitia Kecil yang turut berperan penting dalam pembentukan perumusan dasar negara dan juga kemerdekaan Indonesia.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *