Alat Pernafasan

Bernafas merupakan proses menghirup udara yang mengandung gas oksigen untuk proses pembakaran serta ditukar dengan gas sisa dan beracun yaitu gas karbon dioksida. Dalam bernafas pastinya kita menggunakan alat alat Pernafasan yang sangat kompleks. Alat alat Pernafasan tersebut antara lain.

  1. Hidung

Sebuah pintu utama dari keluar masuknya udara pada saat bernafas adalah hidung. Dalam organ hidung ditumbuhi dengan rambut halus agar udara yang masuk dan terharu dapat tersayang dari berbagai kotoran. Tidak hanya hidung, udara juga bisa keluar masuk lewat organ mulut.

  1. Sinus

Organ sinus terletak di tengkorak manusia. Letaknya berada di masing masing sisi hidung kanan dan kiri serta dekat dengan tulang pipi, diantara mata, di bagian belakang tulang hidung, serta di tengah tengah dahi. Fungsi dari sinus yaitu untuk mengatur suhu serta kelembaban udara yang dihirup dari hidung.

  1. Adenoid

Adenoid merupakan jaringan kelenjar getah yang letaknya berada di tenggorokan. Didalam jaringan ini terdapat simpul sel serta pembuluh darah yang menghubungkan cairan ke seluruh bagian tubuh. Fungsi organ ini yaitu untuk membantu mencegah infeksi dari kuman dengan cara menyaring benda benda asing.

  1. Tonsil

Tonsil biasa kita kenal dengan sebutan amandel. Merupakan sebuah kelenjar getah bening yang letaknya ada pada dinding faring (tenggorokan) . Amandel tidak memiliki peranan yang cukup penting dalam sistem ini. Bahkan jika amandel terinfeksi, dokter bisa membuang dan menghilangkannya dari tubuh.

  1. Faring

Faring adalah organ uang terletak di belakang mulut dan rongga hidung. Faring menghubungkan kedua organ tersebut ke kerongkongan dan bercabang. Cabang pertama mengarah ke lambung. Sementara itu lainnya mengarah ke paru-paru. Faring berguna sebagai saluran udara dari hidung dan mulut.

  1. Epiglotis

Epiglotis merupakan organ berbentuk daun yang letaknya berada di belakang lidah dan diatas laring dimana epiglotis ini merupakan lipatan tulang rawan.

  1. Trakea (batang tenggorokan)

Trakea merupakan batang berongga cukup lebar yang akan menghubungkan laring pada bronkus paru paru.

  1. Paru-paru

Paru-paru merupakan organ utama dalam sistem pernafasan yang terletak di kedua sisi dada. Paru-paru berfungsi untuk pertukaran oksigen dengan karbon dioksida.

  1. Diafragma

Diafragma merupakan sebuah otot yang menyerupai dinding untuk memisahkan rongga dada dan rongga perut.

 

Leave a Comment