3 Pengusaha Muda Indonesia 2016 yang Menginspirasi

 

Jaman dulu untuk memulai karir kita harus bersabar menunggu hingga usia tertentu untuk memulai kehidupan yang independen. Adanya tekanan dari orang tua, lingkungan sosial, serta pendidikan yang didapatkan sangat mempengaruhi pola pikir seseorang dalam setiap tindakan yang ia ambil untuk hidupnya dimasa depan. Sangat berbeda dengan jaman sekarang, semakin meningkatnya kebutuhan manusia memicu kreativitas manusia dalam menciptakan lapangan kerja. Orang-orang kini lebih jeli melihat hal-hal yang tampak biasa disulap menjadi sesuatu yang bisa menjadi sebuah kebutuhan manusia yang bernilai rupiah jika dijadikan sebagai usaha bisnis. Kejelian dalam melihat peluang bisnis inilah yang melatar belakangi para anak-anak muda jaman sekarang tumbuh secara independen dengan menjadi seorang pengusaha muda. Berikut adalah beberapa pengusaha muda Indonesia 2016:

  1. Iqbal Azhari

Pemuda kelahiran Surabaya pada tanggal 11 Juli 1994 ini merupakan salah satu pengusaha muda yang bergerak dibidang property agency yang menyediakan layanan jual, beli, sewa, investasi dan digital advertising. Ia memang bercita-cita menjadi seorang pengusaha sukses sejak dulu, dan ia berhasil meraihnya diusianya yang ke-21. Ia menjadi seorang founder dan CEO PT. Kampung Properti Group. 

  1. Hamzah Izzulhaq

Pengusaha muda Indonesia 2016 berikutnya adlah Hamzah Izzulhaq. Pemuda yang satu ini lahir di Jakarta pada tanggal 26 April 1993. Salah satu kebiasaannya sewaktu kecil adalah menjual kelereng, petasan, bahkan Koran. Saat ini ia dikenal sebagai salah satu pemuda sukses di Indonesia, dengan tekadnya dalam memulai usaha, ia mendirikan sebuah usaha bimbingan belajar bernama “Bimbingan Solusi Mandiri” yang saat ini memiliki 3 cabang dan salah satu diantaranya memiliki 200 peserta bimbingan ditiap semesternya. Dalam setiap bulan, tempat bimbingan belajarnya bisa menghasilkan omset mencapai Rp 360.000.000.00,- dengan keuntungan bersih yang masuk ke kantongnya sebanyak Rp 180.000.000.00,-. Angka yang sangat fantastis yang bisa dihasilkan oleh seorang pemuda diusianya.

  1. Nadiem Makarim 

Yang satu ini merupakan pengusaha muda Indonesia 2016 yang paling fenomenal. Siapa yang tidak tau tentang aplikasi yang cukup fenomenal saat ini, GO-JEK.  Ya, ia adalah pendiri sekaligus CEO dari GO-JEK. Saat pertama launching aplikasi GO-JEK telah didownload lebih dari 2 juta orang di Indonesia. Dengan niat dan tekad ingin memiliki perusahaan sendiri, berbekal ilmunya di bidang IT dan pengalamannya yang pernah menjadi cofounder dan managing editor di Zalora Indonesia ia memutuskan untuk membangun perusahaannya sendiri yang kemudian diberi nama GO-JEK yang merupakan aplikasi penyedia layanan transportasi antar jemput gojek online. 

Itulah beberapa pengusaha muda Indonesia 2016 yang bisa menjadi inspirasi bagi para kawula muda untuk menjadi pengusaha sukses diusia muda. Karena sukses itu adalah pilihan.