kralbetbetturkeyikimislibahis1xbetm.infohipas.infohttps://www.wiibet.com/restbetcdn.com 3 Fakta Jembatan Situ Gunung Yang Jadi Wisata Ikonik Sukabumi - Ascen

3 Fakta Jembatan Situ Gunung yang Jadi Wisata Ikonik Sukabumi

 

Jembatan Situ Gunung, menjadi salah satu jembatan gantung yang kini digunakan sebagai objek destinasi wisata di Sukabumi sekaligus tempat yang ikonik. Bagaimana tidak, jembatan gantung yang dilintasi dalam event Situgunung Trail Run ini memiliki keistimewaan yang tak banyak orang mengetahuinya. Lantas, apa saja keistimewaan dari jembatan gantung satu ini? Berikut informasinya!

Fakta Jembatan Gantung yang Menjadi Tempat Favorit Wisatawan untuk Foto Genic

  1. Menjadi Jembatan Gantung Terpanjang di Asia

Tahukah Anda, bahwa jembatan gantung situ gunung menjadi salah satu jembatan gantung yang masuk dalam kategori jembatan terpanjang di Asia? Siapa sangka bahwa jembatan gantung satu ini memiliki panjang sekitar 243 meter, dengan ketinggian kurang lebih 161 meter di atas permukaan tanah.

  1. Hanya Bisa Dilewati Oleh 40 Pengunjung Saja

Struktur konstruksi dari jembatan gantung satu ini memang terbilang kokoh, dan menurut sejumlah artikel menyebutkan jembatan ini dapat menampung kapasitas sekitar 55 ton. Akan tetapi, terdapat beberapa aturan yang harus ditaati oleh pengunjung, salah satunya yakni jembatan tersebut hanya bisa dinaiki oleh 40 pengunjung dalam waktu bersamaan.

  1. Pembuatannya dari Kayu Ulin Papua

Kokohnya jembatan gantung situ gunung tidak lepas dari bahan dasar pembuatannya yang menggunakan kayu ulin atau kayu besi dari Papua. Kayu ulin dari Papua ini memiliki sejumlah kelebihan untuk konstruksi jembatan, diantaranya yakni, kayu ulin memiliki sifat yang lebih tahan perubahan suhu dan kelembapan, serta berat dan tidak mudah dimakan rayap.

Sejumlah fakta unik dari jembatan gantung terpanjang di Asia ini mungkin tidak banyak orang mengetahuinya. Jembatan yang menjadi ikon kota Sukabumi ini menjadi yang terpanjang di Asia, sehingga tak heran bila biaya pembangunannya membutuhkan dana yang tidak sedikit guna memperoleh jembatan dengan konstruksi berkualitas serta aman untuk dikunjungi.